Pemerintah dan DPR Sepakat Bawa 26 RUU Kabupaten/Kota ke Rapat Paripurna

JAKARTA, virprom.com – Pemerintah dan Komisi II DPR sepakat membawa 26 undang-undang (RUU) tentang kabupaten/kota ke sidang paripurna DPR untuk disahkan menjadi undang-undang.

Keputusan ini diambil dalam rapat kerja Komisi II DPR RI dengan Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Keuangan RI, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Menteri . Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas RI, dan Ketua Komite I DPD RI, Kamis (27/6/2024).

“Saya izin meminta dan menawarkan untuk meminta izin kepada kita semua jika kita setuju dengan 26 RUU ini. Kita akan mengambil keputusan di tingkat I dan kita akan terus mengambil keputusan di tingkat II,” kata Ketua II DPR Komisi Molula. RI Ahmad. Doli Kurnia, Kamis sore.

“Saya setuju,” jawab anggota itu, diikuti dengan pukulan palu Doli.

Baca juga: Jokowi Sebut Belum Ada Rencana Pemekaran DOB Meski Ada 300 Dinas/Kota Usul Pemekaran.

Sebelum pengambilan keputusan, seluruh pihak sudah menyampaikan pandangannya terhadap partai kecil tersebut dan semuanya sepakat untuk melanjutkan pembahasan RUU 26 kabupaten/kota tersebut ke tahap berikutnya.

RUU tersebut merujuk pada kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau, Riau, Lampung, Jambi, dan Sumatera Barat untuk memberikan peraturan terkait kondisi sosial, politik, dan perekonomian di masing-masing daerah.

RUU tersebut juga akan mengakui keunikan masing-masing kabupaten/kota, antara lain karakteristik geografis, potensi sumber daya alam, serta keberagaman suku dan budaya.

Ketua Panitia Kerja 26 RUU Kabupaten/Kota Syamsurizal mengatakan, RUU ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama terdiri dari 3 bab dan 10 artikel, sedangkan bagian kedua terdiri dari 3 bab dan 9 artikel.

Baca juga: Bapanas: 68 kabupaten/desa berisiko kekurangan pangan

Berikut rincian RUU Kabupaten/Kota yang telah disetujui DPR dan Kabinet untuk disetujui pada sidang paripurna berikutnya:

1. RUU Kabupaten Bintan di Provinsi Kepulauan Riau

2. RUU tentang Kabupaten Lampung Selatan di Provinsi Lampung

3. RUU tentang Kabupaten Lampung Tengah di Provinsi Lampung

4. RUU Lampung Utara di Provinsi Lampung

5. RUU Kabupaten Batang Hari di Provinsi Jambi

6. RUU tentang Kota Jambi di Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top