Cara Cek Kondisi AC Saat Beli Mobil Bekas

JAKARTA, virprom.com – Membeli mobil bekas bisa menjadi alternatif hemat untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari. Ada beberapa komponen penting yang perlu dicermati sebelum Anda memutuskan membelinya.

Salah satu elemen penting adalah sistem pendingin udara (AC). Selain kenyamanan, kondisi AC mobil juga bisa menjadi indikator kondisi kendaraan secara keseluruhan.

Gunawan, pemilik bengkel AC Premium 99 di Depok, Jakarta Barat, menjelaskan beberapa langkah penting dalam mengecek AC mobil bekas.

“Lihat AC hidup dan AC mati. Adakah perbedaan suaranya. Kalau saat hidup ada suara yang mengganggu, misalnya keras, itu sudah catatan negatif,” kata Gunawan kepada virprom.com, Senin (5/8/2024).

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Soft Compound untuk Pemakaian Sehari-hari

Menurut dia, suara bising yang tidak normal bisa jadi menandakan adanya masalah pada kompresor atau komponen lain yang perlu diperbaiki.

Usai pengecekan suara, Gunawan menekankan pentingnya pengendalian blower AC, mulai dari kecepatan minimal hingga maksimal.

Perlu dicek juga blowernya, kecepatan 1, kecepatan 2, hingga kecepatan tertinggi, apakah semuanya normal, tambah Gunawan.

Menurut Gunawan, fungsi blower yang kurang optimal bisa jadi menandakan adanya kerusakan pada motor blower atau masalah lainnya.

Lalu periksa juga dinginnya, rasakan saja dengan tangan. Lalu tanyakan juga kapan AC terakhir kali diservis. Apakah ada bagian yang diperbaiki atau diganti. Kalau ada riwayat servis, lebih baik lagi, jelas Gunawan.

Baca juga: Kia EV6 GT facelift akan tampil lebih agresif

Riwayat servis yang jelas dapat membantu calon pembeli mobil bekas memahami seberapa sering perawatan AC. Selain itu, bukti riwayat servis juga membantu calon pembeli mengetahui riwayat perbaikan mobil secara lengkap. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top