Usai Israel-Hezbollah Tingkatkan Serangan, PBB dan PM Lebanon Desak Deeskalasi

virprom.com – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Perdana Menteri Lebanon menyerukan de-eskalasi (tindakan meredam konflik) pada Minggu (25 Agustus 2024).

Hal ini terjadi setelah Israel menginvasi Lebanon dan kelompok Hizbullah menyerang posisi Israel.

Kantor Koordinator Khusus PBB untuk Lebanon dan Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL) meminta semua pihak untuk mengakhiri gencatan senjata.

Baca juga: Serangan Israel di Lebanon Selatan Tewaskan 3 Orang

Dan menahan diri dari eskalasi lebih lanjut. Ini adalah pernyataan bersama yang menyikapi perkembangan terbaru yang meresahkan antara Israel dan Hizbullah.

“Kembalinya penghentian permusuhan yang diikuti dengan penerapan Resolusi 1701 Dewan Keamanan PBB adalah satu-satunya jalan ke depan yang berkelanjutan,” kata pernyataan itu, seperti dikutip AFP.

Resolusi tersebut diketahui mengakhiri konflik tahun 2006 antara Israel dan Hizbullah dan mengharuskan tentara Lebanon dan pasukan penjaga perdamaian PBB menjadi satu-satunya angkatan bersenjata di Lebanon selatan.

Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mengatakan kepada para menteri pada pertemuan darurat pada hari Minggu bahwa ia memiliki beberapa kontak dengan kontak Lebanon untuk menghentikan eskalasi.

“Pertama-tama kita harus menghentikan agresi Israel dan menerapkan Resolusi 1701,” kata kantornya dalam sebuah pernyataan.

Mikati juga menekankan dukungan Lebanon terhadap upaya internasional yang dapat mengarah pada gencatan senjata di Gaza.

Hizbullah yang didukung Iran telah terlibat baku tembak dengan Israel untuk mendukung sekutunya Hamas sejak serangan kelompok Hamas terhadap Israel pada 7 Juli. Oktober memulai perang di Gaza.

Baca juga: Kapal Migran Tenggelam di Lepas Pantai Yaman, 13 Tewas, 14 Hilang

Implementasi penuh Resolusi PBB 1701 juga telah diserukan untuk mengakhiri kekerasan yang terjadi saat ini. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top