Pansus Haji DPR Gelar Rapat Tertutup dengan Agen Travel

Jakarta, virprom.com – Panitia Khusus Hak Angket (PANSAS) Penyelenggaraan Haji 2024 DPR RI menggelar rapat dengar pendapat (RPDU) hari ini, Senin (2/9/2024).

Anggota Pansus Haji DPR RI Wisnu Vijaya mengatakan, pertemuan tersebut dilakukan secara tertutup untuk menciptakan kondisi nyaman bagi para saksi.

“Penggunaan RDPU dan saksi di sisi pariwisata dilakukan secara tertutup sebagai strategi mendorong keterbukaan saksi dalam memberikan informasi kepada Pansus,” kata Wisnu kepada virprom.com, Senin.

Baca juga: Rapat Pertama Panitia Angket Haji DPR Ditunda Pekan Depan

Saksi yang dihadirkan ke RDPU merupakan perwakilan dari agen perjalanan penyelenggara haji.

Posisi saksi yang kami hadirkan saat ini, para agen khusus haji, adalah masalah relasi kuasa dalam hal penyelenggaraan haji khusus, ujarnya.

Politisi PKS ini mengungkapkan dirinyalah penggagas haji, bukan penentu kebijakan. Status mereka sebagai saksi penting yang terkena dampak kebijakan pengalihan tambahan kuota haji dinilai penting.

Dikatakannya, “Kesaksiannya sangat penting untuk menguatkan banyak dokumen dan keterangan yang telah diberikan oleh para saksi sebelumnya, khususnya saksi dari Kementerian Agama.”

Wisnu juga mengungkapkan, selama dua pekan terakhir, banyak tekanan yang mempengaruhi pola pikir saksi sebelumnya.

Baca juga: Pansus Selidiki Alasan Keterlambatan Keberangkatan Jemaah Haji Sesuai Jadwal

Hal ini dikhawatirkan akan menghambat kemajuan penyidikan pansus.

Pansus mengambil langkah dengan menggelar rapat tertutup agar para saksi bebas mental dan mampu memberikan informasi yang akurat dan terpercaya, ujarnya.

Tentu saja bukan berarti bisa dalam keadaan seperti ini, para saksi lebih leluasa menyebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam penyalahgunaan tambahan kuota haji ini dari sudut pandang mereka sebagai pengambil kebijakan, imbuhnya. Dengarkan pilihan berita dan artikel terpopuler kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top