Ketahui Penyebab Mobil Lebih Boros BBM Saat Jalan Macet

KLATEN, virprom.com – Menghitung konsumsi bahan bakar (BBM) pada sebuah mobil mengacu pada berapa banyak bahan bakar yang digunakan dan seberapa jauh jarak tempuhnya. Umumnya satuan yang digunakan adalah kilometer per liter (Kpl).

Entah kenapa, kemacetan lalu lintas akan menyebabkan mobil menempuh jarak yang lebih pendek karena jumlah bahan bakar yang terus berkurang seiring berjalannya waktu.

Selain itu, ada faktor lain yang membuat konsumsi bahan bakar mobil semakin boros saat jalanan macet. Simak tafsir ahlinya di bawah ini!

Baca juga: ESDM sebut motor listrik convertible lebih irit dibandingkan beli bahan bakar

Hardha Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan sudah menjadi rahasia umum jika kemacetan lalu lintas bisa menyebabkan penggunaan bahan bakar semakin boros.

Hardi mengatakan kepada virprom.com, Jumat (23/8/2017) “Selain jarak pendek dengan bahan bakar yang terus berkurang, kondisi kemacetan berpotensi melumpuhkan kendaraan terus-menerus, akan lebih sering menahan rem dan berakselerasi.”

Perpindahan gigi dari berhenti ke gerak membutuhkan tenaga yang besar sehingga diperlukan bahan bakar ekstra, kata Hardi.

Baca juga: Kualitas bahan bakar menjadi salah satu faktor yang dibutuhkan perusahaan mobil untuk beralih ke kendaraan listrik

Bedanya mendorong mobil yang sudah melaju dan berhenti total, tentu saja menghentikan mobil lebih sulit karena kemacetan akan membuat mobil lebih sering berhenti, kata Hardi.

Selain itu, saat mobil melaju, menurut Hardi, mobil harus bisa memanfaatkan momentum. Jadi seluruh bahan bakar yang dibakar bisa diubah menjadi mil.

“Kalau macet tidak bisa (terus) rem sedikit lagi (tidak bisa pakai tenaga dorong), ini buang-buang bahan bakar kalau macet. Dengarkan berita terhangat dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel / 0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top