Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong Mundur dari Jabatan

Jakarta, virprom.com – Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bapak Usman Kanson, hari ini mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya pada Rabu (14/8/2024). Usman mengaku perlu menyegarkan diri dan organisasi.

Pengunduran diri tersebut diumumkan saat berdiskusi dengan media di kantor Kementerian Informasi dan Komunikasi. Usman pun mengatakan, ia berencana kembali menulis.

“Saya sudah mengundurkan diri efektif tanggal 13 Agustus 2024, namun saya masih bekerja,” kata Usman.

Usman mengundurkan diri setelah bekerja di Cominfo selama tiga tahun empat hari. Pak Usman diangkat menjadi Direktur IKP Kominfo pada 10 Agustus 2021.

Tugas Sekjen IKP selanjutnya akan dilimpahkan kepada Pejabat Sementara (Plt) dan pada akhirnya pejabat baru. Pak Usman mengaku belum mendapat informasi siapa penanggung jawab maupun pejabat yang akan melaksanakan pekerjaan tersebut.

Usman hanya berharap segera dilantik pejabat tegas untuk menduduki posisi Sekjen IKP.

“Saya mohon maaf karena mengundurkan diri di saat sibuk dengan pekerjaan HUT RI, ISF, PON, Pirkada bahkan kedatangan Paus Fransiskus dan Pirkada pada tahun 2024. Kami telah meletakkan landasan dan pejabat baru. Saya berharap pekerjaan ini bisa cepat selesai,” kata Usman.

Baca juga: Sekjen Aptica Comfo Semuel Pangelapan Mundur

Diakui Usman, masa kerjanya di Cominfo terbilang singkat. Namun, ia memutuskan keluar dari Kominfo karena alasan pribadi.

“Meski baru bergabung di Cominfo dalam waktu yang singkat, namun sudah tiga tahun saya bergabung di Cominfo. Saya memerlukan penyegaran dan organisasi memerlukan penyegaran. Saya akan terus melakukan pekerjaan kehumasan dari luar pemerintahan, saya akan kembali ke dunia jurnalistik, tempat saya dilahirkan,” kata Usman.

Usman menambahkan, ia juga akan melanjutkan aktivitasnya di dunia tulis menulis. Usman menuturkan, saat ini dirinya sedang mencetak buku dan menyelesaikan novel.

Usman pun membantah pengunduran dirinya dipengaruhi tekanan luar.

Usman berkata, “Tidak ada tekanan dari luar. Saya telah mendiskusikan masalah ini dengan sekretaris jenderal, wakil menteri, dan para menteri sejak minggu lalu.”

Terakhir, Usman juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Cominfo, direksi, dan pemangku kepentingan atas kerja samanya selama tiga tahun terakhir. Usman pun berpamitan kepada teman-teman jurnalisnya yang telah menemaninya selama 3 tahun terakhir.​

“Yang terakhir, saya ucapkan selamat tinggal kepada teman-teman pers,” saran Usman.

Usman Kanson dilantik menjadi Direktur Informasi dan Komunikasi Massa Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 10 Agustus 2021. Menggantikan Profesor DR. Bapak Widodo Mukcho kemudian menjadi staf profesional Menteri Komunikasi, Komunikasi Massa, Media dan Informasi.​

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top