Pansus PBNU Akan Umumkan Kesimpulan Sebelum Muktamar PKB

Jakarta, virprom.com – Panitia Khusus (PANS) Pengurus Besar Nihad Ulama (PBNU) akan mengumumkan temuannya untuk reformasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam 1-2 hari ke depan.

Pengumuman ini akan disampaikan sebelum Kongres PKB digelar pada Sabtu-Minggu (24-25 Agustus).

Salah satu anggota Pansus PBNU mengatakan, “Pertama-tama, mengenai pembacaan hasil atau temuan pansus, itu kewenangan Kay Anwar dan Kay Amin Syed Hosni, tapi Insya Allah akan disampaikan dalam 1-2 hari. Omar Syah di kantor PBNU, Rabu (21/8/2024).

Baca juga: Muhaimin Tak Hadiri Undangan PBNU untuk Peninjauan PKB

Ia juga mengatakan, hasil pansus ini akan relevan dengan Kongres PKB 2024 di Bali.

Meski demikian, gerakan PBNU masih menunggu instruksi dari Dirjen PBNU Yahya Choleil Stowe terkait Kongres PKB yang mendapat kewenangan dari Dirjen PBNU untuk mereformasi PKB.

“Kami menunggu instruksi dari Dirjen PBNU karena apapun yang kami lakukan adalah satu komando yang ada di tangan Dirjen,” ujarnya. Kewenangannya dari Direktur Jenderal kepada Direktur Jenderal.

Omar Syah menilai upaya PBNU mereformasi PKB akan baik.

Omar Saheb mengatakan, “Yakinlah kawan-kawan, semua proses ini menuju suatu tujuan. Insya Allah akan ada perubahan ke arah yang lebih baik di PKB.”

Baca juga: PKS, PKB dan Nasdem Diprediksi Tak Mundur dari KIM Plus Usai Putusan Mahkamah Konstitusi

Sekadar informasi, sudah mulai terjadi konflik antara PBNU dan PKB dengan Pansus DPR-RI terkait Penyelenggaraan Haji 2024.

Pansus tersebut disetujui dan dibentuk oleh Wakil Presiden DPR-RI Mohimin Iskandar karena menilai Kementerian Agama sedang mempermainkan kebijakan kuota khusus haji.

Menanggapi pembentukan pansus, Dirjen PBNU Yahya Cholil Stavov menilai PKB punya dendam pribadi terhadap Dirjen Muhimin Iskandar.

Pasalnya, Pansus menyasar Kementerian Agama yang dipimpin Yaqut Cholil Qamas yang merupakan adik dari Dirjen PBNU.

PBNU kemudian membentuk pansus tandingan yang diketuai Mohimin Iskandar dengan tujuan “memperbaiki” PKB. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top