Di AS Juga Ada Peringatan Darurat Biru, Disebut Blue Alert

WASHINGTON, virprom.com – Mulai Rabu (21 Agustus 2024), “darurat gugur” dengan logo Garuda Pancasila berwarna biru di media sosial Indonesia.

Gambar ini diambil setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menolak putusan Mahkamah Konstitusi terkait tuntutan pengangkatan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.

Saat ini Amerika Serikat (AS) juga mempunyai Peringatan Darurat Nasional yang mencakup situasi ekstrem tertentu.

Baca juga: Pembelian panik Jepang setelah peringatan gempa bumi yang kuat dan mencari ketenangan

Blue Alerts, dikutip dari situs Layanan Perpolisian Berorientasi Komunitas (COPS) Departemen Kehakiman, dengan cepat disebarluaskan ke lembaga penegak hukum, media, dan masyarakat untuk membantu menangkap penjahat yang membunuh atau melukai petugas polisi saat menjalankan tugas.

Blue Alert juga dapat dikeluarkan ketika tersangka mengancam penegak hukum atau ketika ada petugas yang hilang saat bertugas.

Peringatan ini akan disiarkan melalui televisi, radio, telepon seluler, perangkat nirkabel, rambu-rambu jalan, dan metode peringatan sekunder lainnya.

Saat ini terdapat 37 negara bagian yang berada dalam status Blue Alert di Negeri Paman Sam. Sumber daya dan bantuan teknis disediakan oleh kantor COPS.

Jika suatu negara bagian, lokal, lembaga penegak hukum, atau suku ingin membuat peringatan biru, COPS juga dapat membantu dengan memberikan pedoman aktivasi sukarela, model undang-undang, kebijakan, dan formulir dari database pusat.

Baca Juga: Mantan Wali Kota Filipina Terkait Geng Tiongkok Diduga Kabur ke Indonesia Investigasi Blue Alert

Kutipan WLWT News 5: Peringatan biru diaktifkan di Ohio pada 12 Mei 2024 setelah seorang petugas polisi ditembak Sabtu malam di Kota Euclid.

Pelakunya adalah Deshawn Anthony Vaughn yang berusia 24 tahun. Dia melarikan diri dari tempat kejadian dengan Volkswagen Passat 2017 berwarna putih.

Blue Alert telah diaktifkan untuk meminta bantuan masyarakat jika ada yang memiliki informasi tentang keberadaan penjahat tersebut.

Mayat Vaughn kemudian ditemukan di rumahnya di Shaker Heights sehari setelah kejadian tersebut.

Setelah kematian Vaughn, Blue Wave Ohio dibatalkan.

Sebelumnya, peringatan biru juga diaktifkan di negara bagian North Carolina pada malam tanggal 30 Desember 2023. Saat itu, seorang petugas polisi bernama Sersan Philip Dale Nix ditembak mati di sebuah pompa bensin Greensboro.

The News & Observer melaporkan bahwa tiga orang yang mengendarai Chevrolet Equinox hitam dicari sehubungan dengan penembakan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top