Alasan NASA Lebih Andalkan SpaceX Dibanding Boeing Jemput Astronot Terjebak di Orbit

Washington DC, virprom.com – NASA telah memutuskan bahwa dua astronot yang terjebak di Stasiun Luar Angkasa Internasional akan kembali Februari mendatang dengan pesawat luar angkasa SpaceX milik Dragon.

Dua kursi disediakan untuk Sunita “Suni” Williams dan Barry “Butch” Wilmore.

Pejabat badan antariksa mengatakan ada ketidakpastian bagi astronot untuk kembali ke pesawat ruang angkasa. Bawa mereka ke stasiun luar angkasa seperti Boeing Starliner.

Baca selengkapnya: NASA Putuskan Cara Mengembalikan Dua Astronot yang Terjebak di Orbit, Begini Rencananya

Starliner mengalami masalah setelah kapsulnya mengalami kebocoran kecil dan beberapa pendorongnya rusak.

Pengumuman ini muncul setelah peninjauan seluruh agensi pada Jumat (24/8/2024) yang melibatkan Bill Nelson, direktur eksekutif agensi.

“NASA telah memutuskan bahwa Butch dan Suni akan kembali dengan SpaceX Crew-9 pada bulan Februari, dan Starliner akan kembali tanpa awak,” kata Nelson dalam konferensi pers, dilansir Guardian.

“Saya ingin Anda tahu bahwa Boeing telah bekerja keras dengan NASA untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan ini. Kami ingin lebih memahami akar masalahnya dan memahami perbaikan desain sehingga Boeing Starliner menjadi bagian penting dari jaminan kami. akses ke ISS,” tambahnya.

“Penerbangan luar angkasa berisiko, bahkan dalam kondisi paling aman dan paling normal, dan penerbangan eksperimental tidak aman bahkan dalam kondisi normal, jadi keputusan untuk mempertahankan Butch dan Suni di Stasiun Luar Angkasa Internasional dan membawa Boeing Starliner tak berawak adalah hasil dari komitmen terhadap keselamatan. , “lanjut Nelson.

Williams dan Wilmore, dua astronot veteran, tiba di ISS pada 6 Juni, sebagai bagian dari uji kritis Starliner sebelum dapat disetujui oleh NASA untuk penerbangan rutin. 

Namun, misi delapan hari yang direncanakan berubah menjadi berbulan-bulan bagi Williams dan Wilmore setelah masalah teknis, termasuk pendorong kontrol reaksi yang gagal selama upaya docking pertama Starliner.

Baca selengkapnya: Nasib 2 Astronot NASA Masih Terjebak di Orbit

Empat dari lima booster yang rusak diaktifkan kembali di orbit.

Pendorong sangat penting agar pesawat ruang angkasa dapat menjauh dari ISS setelah lepas landas dan menjaga kapsul pada posisi yang tepat untuk deorbit.

Baca selengkapnya: Astronot masih terjebak di orbit, NASA tidak tahu cara mengembalikannya

Pada tanggal 2 Agustus, Perusahaan Boeing mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa mereka telah melakukan pengujian ekstensif terhadap sistem propulsi di luar angkasa dan di darat.  Dengarkan berita terbaru kami dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top