Apakah Penderita Diabetes Bisa Makan Pepaya? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Penderita diabetes sebaiknya memperhatikan asupan makanannya untuk mencegah naiknya kadar gula darah. Jadi bolehkah penderita diabetes makan pepaya?

Ternyata, penderita diabetes boleh makan pepaya. Faktanya, pepaya mampu meningkatkan kesehatan tubuh karena mengandung serat dan nutrisi alami.

Namun buah pepaya mengandung gula alami sehingga sebaiknya penderita diabetes membatasi konsumsinya.

Untuk itu, simak penjelasannya dan temukan manfaat kesehatannya berikut ini.

Baca juga: Apa saja manfaat pepaya di malam hari? Ini daftarnya… Bolehkah Penderita Diabetes Makan Pepaya?

Ternyata penderita diabetes bisa mengonsumsi pepaya dan bisa menjaga kesehatan tubuh karena bahan alami yang dikandungnya.

Menurut Healthline, buah pepaya bisa menjadi bagian dari pola makan sehat bagi penderita diabetes dan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Pasalnya, indeks glikemik pepaya berada pada kategori sedang yaitu 60 sehingga tidak akan menaikkan kadar gula darah secara signifikan.

Faktanya, pepaya mampu menurunkan kadar gula darah karena mengandung antioksidan alami bernama flavonoid.

Namun, satu cangkir irisan pepaya mengandung sekitar 11 gram gula, sehingga penderita diabetes sebaiknya membatasi porsinya.

Menurut laporan Vinmec International Hospital, penderita diabetes bisa makan pepaya dalam porsi kecil dua hingga tiga kali seminggu.

Penderita diabetes juga disarankan menghindari jus buah pepaya karena kandungan gulanya mungkin lebih tinggi.

Baca juga: Enaknya Makan Pepaya Saat Perut Kosong? Ini penjelasannya… manfaat pepaya

Buah pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan berguna dalam melindungi terhadap berbagai jenis penyakit termasuk diabetes.

Menurut Medical News Today, pepaya memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti: mencegah peradangan dan stres oksidatif akibat masalah kesehatan mata terkait usia seperti degenerasi makula. Kondisi yang berkembang akibat pertumbuhan berlebih ini mengurangi risiko jenis kanker tertentu, seperti kanker prostat dan kanker payudara. Meningkatkan kekuatan tulang dan meningkatkan kesehatan tulang Mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan mengobati tekanan darah tinggi Menjaga kelembapan rambut dan mendukung kesehatan kulit

Mengonsumsi buah-buahan membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk pepaya.

Namun penderita diabetes disarankan untuk membatasi konsumsi jenis buah tertentu karena memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah.

Dengan mengetahui boleh tidaknya penderita diabetes mengonsumsi pepaya, Anda bisa mulai menambahkannya ke dalam menu makanan sehari-hari.

Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perubahan apa pun pada pola makan Anda, termasuk apakah Anda ingin makan pepaya setiap hari atau tidak. Dengarkan berita terkini dan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top