Pembangunan Rusun dan Rusus ASN di Dua Daerah Papua Resmi Dimulai

virprom.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Dietgen) pembangunan perumahan mengelola lahan untuk pembangunan ASN (Rusun) dan rumah khusus (Rusus) Pemerintah Papua Selatan. Pendaratan dan Pembangunan Rusun ASN untuk Pemerintah Papua Tengah.

Dalam kegiatan tersebut, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum Ivan Suprijanto bersama Plt Gubernur Papua Selatan Komjen Paul. (Purn) Rudi Sufahariadi dan perwakilan Pj Gubernur Papua Tengah melakukan peletakan batu pertama pada Rabu (9/4/2024).

Pada tahun 2024-2025, Apartemen yang akan dibangun berdasarkan Multi Year Contract (MYC) ini akan memiliki 36 unit rumah tipe, serta 50 tipe dari 70 apartemen, sehingga akan dialokasikan ke ASN Papua provinsi baru. . .

“Hari ini kita adakan peletakan batu pertama menandai dimulainya pekerjaan pembangunan Apartemen dan Rusun ASN di Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua, khususnya di Provinsi Papua Selatan dan Provinsi Papua Tengah,” kata Dirjen Perumahan. Kementerian PUPR mengutip Ivan Suprijant dari situs Direktorat Jenderal Perumahan.

Iwan menjelaskan, pembangunan infrastruktur perumahan di Daerah Istimewa Papua di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan wujud komitmen pemerintah pusat terhadap pemerataan pembangunan di wilayah Papua.

Lebih lanjut, Pemerintah ingin memfasilitasi pelayanan publik dan prosedur birokrasi dengan mendekatkan pusat-pusat pemerintahan daerah kepada masyarakat.

“Pembangunan apartemen dan rumah bukanlah proyek baru, namun merupakan tanggung jawab Pemerintah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain perumahan seperti apartemen dan rumah, Kementerian PUPR melaksanakan tugas Pemerintah dengan membangun perkantoran. Gedungnya. Penatausahaan di DOB ini bisa berjalan dengan baik”, jelasnya.

Baca juga: Pemerintah sedang membangun sejumlah infrastruktur di Papua, ada apartemen

Sementara itu, Balai Pelaksana Pelayanan Perumahan (BP2P) Papua I, Direktorat Jenderal Pembangunan Perumahan Kementerian PUPR, Alexander Simon Lopulalan, Kepala Dinas Penyediaan Perumahan Negara Papua, dalam laporan yang disampaikan Perdana Menteri. Desyarmeda Kilian mengungkapkan kepada Pemerintah Papua Selatan, peletakan batu pertama pembangunan Rusun dan Rusus ASN berlokasi di Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) Salor, Distrik Kurik, Kabupaten Meroke.

Di lokasi ini akan dibangun dua buah lempengan tipe Wisma Arunika yang masing-masing setinggi tiga lantai.

Jumlah unit hunian sebanyak 88 tipe dengan 36 unit dengan gambaran dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, ruang makan, dapur, dan ruang cuci.

Selain itu, akan ada ruang serbaguna, musala, kamar mandi umum, ruang administrasi, tempat parkir dan fasilitas umum PSU.

Selain hiburan, 50 unit tipe khusus ini akan membangun 70 rumah dalam satu lantai, seperti tiga kamar tidur, ruang tamu, dapur, ruang cuci, kamar mandi, ruang makan, teras, dan car port. .

“Tanah apartemen ini seluas 2,4 hektar dan kontrak pembangunannya 30 Agustus 2024 oleh kontraktor PT Nindya Karya selama 300 hari kalender. Penerima manfaat adalah ASN Pemerintah Negara Papua Selatan,” ujarnya. Dia menjelaskan.

Baca juga: Birr Habiskan 134,84 Miliar untuk Pemeliharaan Jalan Daerah di Papua

Selain di Papua Selatan, Pusat P2P Papua bergerak di bidang pembangunan perumahan ASN di lingkungan Pemerintah Papua Tengah di Provinsi Karadiri 2, Distrik Wangar, Kabupaten Nabire.

Hunian tetap yang sedang dibangun adalah dua rusun tipe Wisma Arunika setinggi tiga lantai dan 88 unit hunian tipe 36.

Apartemen yang memiliki lahan seluas 2,5 hektar ini dibangun oleh kontraktor PT Djasa Ubersakti Tbk dengan masa pembangunan 330 hari kalender.

“Kami berharap kedepannya para ASN Penerima Manfaat ASN Administrasi Negara Papua Tengah segera menempati kediaman ini setelah selesai dibangun,” tutupnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top