Kuota Subsidi Motor Listrik 2024 Sudah Habis

JAKARTA, virprom.com – Sumbangan dana sepeda motor listrik bertenaga baterai untuk tahun anggaran 2024 telah diserahkan secara penuh.

Hal ini berdasarkan data sistem informasi pengadaan kendaraan roda dua listrik (Sisapira) yang tercatat pada 4 September 2024.

Di sana, sisa alokasi anggaran sudah mencapai 0 yang berarti sudah terpakai seluruhnya. Produsen atau diler terpilih menyalurkan subsidi ini kepada 30.607 sepeda motor listrik kepada masyarakat.

Baca juga: Malaysia berencana mewajibkan rem ABS pada sepeda motor mulai tahun 2025

Program tersebut juga menunggu penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (TNKB).

Sedangkan pendaftar yang belum berstatus verifikasi kesesuaian data transaksi penjualan, termasuk data pelanggan, STNK, dan TNKB, tercatat sebanyak 8.948 data terkonfirmasi.

Sementara jumlah sepeda motor yang diterima masyarakat pada tahun ini sebanyak 60.857 unit.

Sehingga total sepeda motor listrik yang didistribusikan ke masyarakat pada tahun 2023 sebanyak 72.389 unit.

Sisapira merupakan program yang melengkapi upaya pemerintah dalam mempercepat pengenalan kendaraan listrik sebagai alat transportasi jalan raya.

Baca Juga: Jangan Lakukan Ini Saat Mobil Anda Sedang Melakukan Pengereman

Pendanaan sebesar Rp7 juta akan diberikan untuk pembelian setiap sepeda motor listrik. Program ini ditawarkan dengan pembelian satu kali Kartu Tanda Penduduk (KTP) NIK.

Sebelum berita ini diumumkan, pemerintah belum memutuskan apakah akan memberikan bantuan tahun depan atau tidak. 

“Insentif yang ada saat ini (mobil dan sepeda motor listrik) akan selesai pada 2024. Kita akan mulai membahasnya, tapi secara teknis. Ini pasti keputusan pemerintahan baru,” kata Wakil Koordinator. Rachmat Kaimuddin, Direktur Infrastruktur dan Transportasi Departemen Koordinasi Marves, mengatakan kepada virprom.com baru-baru ini. Dengarkan berita terpopuler dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran media favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top