Punya Dampak Buruk buat Mesin Motor, Kenali Ciri-ciri Oli Palsu

JAKARTA, virprom.com – Sebagai salah satu komponen mesin sepeda motor, oli memegang peranan penting untuk memastikan performa mesin tetap maksimal. Namun, oli yang tidak direkomendasikan, meskipun palsu, berdampak serius pada mesin.

Sebab, komponen di bawah standar bisa membuat komponen mesin aus, piston tergores, dan yang lebih parah lagi bisa menyebabkan gasket bocor atau bocor.

Penggunaan oli palsu tidak hanya merusak bagian-bagian mesin, tetapi juga membuat berkendara menjadi tidak nyaman meski dalam perawatan rutin.

Baca Juga: Suzuki Fronx Tertangkap Kamera Road Testing, Kapan Dirilis di Indonesia?

“Tidak dapat disangkal bahwa minyak palsu memiliki dampak negatif,” kata analis pelatihan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Wahyu Budhi dalam keterangan resmi, Selasa (20/08/2024).

Yang terpenting, menurunkan performa sepeda motor, bukan jaminan akan kembali ke performa semula, ujarnya.

Menjamurnya oli palsu di pasaran bisa sangat merugikan pemilik sepeda motor.

Baca juga: Cara Mengatasi Tanjakan Ekstrim dengan CVT matic

Pasalnya, oli yang dimaksudkan untuk melindungi bagian-bagian mesin justru sangat mudah merusak bagian-bagian mesin.

“Demikian pula dengan menyuntikkan oli palsu, suku cadang dan komponen akan memiliki umur yang lebih pendek (lebih cepat aus),” kata Wahew.

Baca Juga : PO Skipper 99 Trans Memori Lapangan Ring

Ciri-ciri minyak palsu yang ada dipasaran :

1. Pengemasan: Produsen minyak palsu sering kali menambahkan label kertas putih sebagai segel di bagian atas wadah, yang tidak ada pada wadah minyak asli.

2. Harga: Minyak palsu biasanya lebih murah dibandingkan minyak asli. Jika menemukan minyak dengan harga yang jauh lebih rendah dari biasanya, konsumen harus berhati-hati.

3. Warna dan Bau: Minyak hasil oplosan berwarna keruh dan berbau tidak sedap karena tercampur dengan berbagai zat. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top