Temui Erdogan, Prabowo Bahas Peningkatan Kerja Sama Pertahanan

JAKARTA, virprom.com – Menteri Pertahanan Indonesia dan Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan Turkiye di Ankara pada Selasa (30/7/2024) waktu setempat.

Kedatangan Prabowo disambut dengan parade kenegaraan yang dilanjutkan dengan pertemuan terbatas dengan Presiden Erdogan.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo mengakui pentingnya peran Indonesia dan Turki sebagai pemimpin di kawasan yang harus memberikan kontribusi signifikan bagi perdamaian dunia.

“Indonesia memandang Turki sebagai negara penting, bersahabat, dan mitra kerja sama pertahanan. “Hubungan ini harus ditingkatkan untuk membangun rasa saling percaya dan meningkatkan kapasitas angkatan bersenjata dan sektor pertahanan kedua negara,” kata Prabowo dalam siaran pers Kementerian Pertahanan RI, Rabu (31/07/2024). ).

Baca juga: Prabowo Sebut Turki Mitra Strategis Indonesia dalam Pertemuannya dengan Menlu Hakan Fidan

Di hari yang sama, Prabowo juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Turki Yasar Güler di Ankara.

Yasaru Guler Prabowo berharap kerja sama bilateral Indonesia dan Turki semakin erat pada tahun ini.

Diketahui, hubungan bilateral Indonesia dan Turki akan berusia 74 tahun pada tahun 2024.

“Saya melihat masih besar peluang kerja sama di bidang pertahanan yang saling menguntungkan kedua negara. “Ini menjadi peluang bagi Indonesia dan Turki untuk semakin memperkuat kerja sama di masa depan,” kata Prabowo.

Baca Juga: Temui Presiden Serbia Prabowo Bahas Kerjasama Pertahanan dan Ekonomi

Dalam hal perlengkapan alat utama sistem senjata (alutsist), misalnya, Indonesia menjalin kerja sama dengan Turki melalui Kementerian Pertahanan RI dan membeli 12 kendaraan tanpa awak atau drone ANKA dari Dirgantara Turki.

Kepala Bagian Humas Setjen Kemhan RI Brigjen Edwin Adrian Sumantha mengatakan kerja sama pertahanan dan industri pertahanan menjadi sektor prioritas utama dalam hubungan bilateral Indonesia dan Turki, selain perdagangan. energi, konstruksi dan kesehatan.

Industri pertahanan kita juga mendapat manfaat dari perkembangan teknologi Turki melalui kerja sama antara PT Pindad dan PT Dirgantara Indonesia (DI), kata Edwin dalam keterangan tertulis, Rabu.

Sebelumnya, Prabowo juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan di kediaman Hakan di Ankara pada Senin (29/7/2024) malam waktu setempat.

Setelah Prancis dan Serbia, Prabowo mengunjungi Turki. Dengarkan berita dan penawaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp Compass.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top