Apa Itu Broken Ridge dan di Mana? Lokasi Ini Diduga Jatuhnya MH370

virprom.com – Peneliti Tasmania Australia Vincent Lyne yakin penerbangan Malaysia Airlines MH370 jatuh di dekat Broken Ridge.

Pada tanggal 8 Maret 2014, sebuah pesawat dengan 239 orang di dalamnya menghilang dari radar setelah lepas landas dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, Cina.

Lantas, apa itu Broken Ridge dan dimana lokasinya?

Baca Juga: Teori Ilmiah Ungkap Lokasi Jatuhnya MH370, Begini Timeline Pengungkapannya

Dikutip dari DBPedia, Broken Ridge merupakan dataran tinggi samudera di tenggara Samudera Hindia.

Daerah yang juga dikenal dengan nama Broken Plateau ini pernah membentuk provinsi beku besar (LIP) di sepanjang Dataran Tinggi Kerguelen.

Ketika Australia dan Antartika mulai terpisah, Broken Ridge dan Dataran Tinggi Kerguelen dipisahkan oleh Southeast Indian Ridge.

Di peta, Broken Ridge muncul di barat daya Australia, membentang 1.200 km dari ujung selatan Ninety East Ridge.

Lebarnya mencapai 400 km dengan kedalaman 1.000 m.

Di sisi selatan, Broken Ridge dipisahkan dari Diamantina Fracture Zone oleh tebing setinggi 3.000 meter, sedangkan di sisi utara, punggung bukit landai menuju Wharton Basin.

Baca Juga: Sudah 10 Tahun Lalu Teori Jatuhnya MH370 Lion Dinyatakan Hilang

Lion mengklaim dalam postingan LinkedIn-nya bahwa MH370 sengaja ditabrakkan di Broken Ridge.

“Ini mengubah narasi hilangnya MH370 dari penyelaman tanpa cacat, berkecepatan tinggi, dan bahan bakar rendah di Arc 7 menjadi pilot yang sangat terampil yang melakukan penyelaman terkontrol luar biasa hampir ke laut India Selatan,” peneliti mengutip. NDTV pada Selasa (27/08/2024).

“Ini sebenarnya akan berhasil jika gelombang dari MH370 tidak mengenai sayap kanan,” tambahnya.

Lyne, yang bekerja di Institut Studi Maritim dan Antartika di Universitas Tasmania, menambahkan bahwa kerusakan pada sayap, penutup dan penutup menandakan pesawat telah melakukan pendaratan di air terkendali serupa dengan yang dilakukan Kapten Chesley “Sully” Sullenberger. hudson River, Amerika Serikat, US Airways Penerbangan 1549 pada tahun 2009.

Baca Juga: [Cerita Dunia] Kisah Heroik Kapten Sully yang Menyelamatkan 150 Penumpang di Pesawat

“Ini menegaskan klaim awal, berdasarkan analisis yang sangat baik, efisien dan sangat menyeluruh terhadap kerusakan puing-puing yang dilakukan oleh mantan Kepala Penyelidik Kecelakaan Udara Kanada Larry Vance, bahwa MH370 memiliki bahan bakar dan mesinnya terbakar selama pendaratan darurat terkendali. kecepatan tinggi karena kekurangan bahan bakar, kata Lion.

Ia juga menjelaskan bahwa Broken Ridge terletak di lingkungan laut yang sangat keras dan berbahaya yang terkenal dengan ikan liar dan spesies baru di laut dalam.

“Sisinya curam dan sempit, dikelilingi pegunungan besar dan lubang dalam lainnya, dipenuhi sedimen halus,” jelasnya seraya menambahkan bahwa kawasan tersebut perlu diverifikasi sebagai prioritas tinggi.

Pencarian MH370 telah menyisir area seluas 120.000 kilometer persegi di Samudera Hindia selama hampir tiga tahun, namun hampir tidak menemukan jejak pesawat tersebut, hanya beberapa serpihan puing saja.

Pencarian penerbangan MH370 dibatalkan pada Januari 2017.

Baca juga: Puing-puing MH370 yang ditemukan di Madagaskar memperkuat teori pilot tentang kecelakaan yang disengaja Lihat berita terkini dan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top