Riwayat Kesehatan Paus Fransiskus yang Menantang sejak Muda

virprom.com – Paus Fransiskus mengunjungi Indonesia dengan menggunakan kursi roda saat tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada Selasa (3/9/2024).

Paus, yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio, adalah salah satu paus tertua dalam catatan sejarah Gereja Katolik Roma.

Menurut Oldest.org, Paus Fransiskus merupakan paus tertua ketujuh dalam sejarah, setelah Paus Klemens XII yang meninggal pada tahun 1740.

Baca juga: 10 Makanan Yang Perlu Dihindari Penderita Penyakit Pernafasan

Paus Fransiskus lahir pada tanggal 17 Desember 1936 di Buenos Aires dan kini berusia 87 tahun, yang akan berusia 88 tahun dalam waktu kurang dari tiga bulan.

Sebagai salah satu yang tertua, Paus ke-266 ini memiliki riwayat kesehatan yang buruk sejak ia masih muda.

Menurut Associated Press (AP), Paus Fransiskus menjalani operasi besar untuk mengangkat sebagian paru-parunya ketika ia berusia 20 tahun.

Baca juga: 8 Jenis Gangguan Pernapasan dan Penyebabnya yang Wajib Dihindari

Pada tahun 1957, Francis muda menjalani operasi di Argentina.

Operasi besar ini dilakukan karena ia menderita infeksi saluran pernapasan serius sehingga dokter harus mengangkat sebagian paru-parunya dan kini hanya tinggal satu orang yang menemaninya hingga ia bisa berkunjung ke Indonesia hari ini.

Permasalahan kesehatan yang dihadapi Paus Fransiskus tidak berhenti sampai disitu saja, ia sudah dirawat di rumah sakit sejak terpilih menjadi Paus pada tahun 2013 dalam usia 76 tahun.

Baca juga: 8 Jenis Gangguan Pernapasan dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Berikut sebagian riwayat kesehatan pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia sekaligus kepala Vatikan, Paus Fransiskus, yang dirangkum kronologinya: 2013

Saat konferensi pers dalam penerbangan pulang dari Brasil pada Juli 2013, Paus mengungkapkan rasa sakit yang dideritanya akibat penyakit linu panggul selama bertahun-tahun.

“Sciatica sangat menyakitkan, sangat menyakitkan! Saya tidak ingin hal itu terjadi pada siapa pun,” ujarnya saat itu, seperti dikutip dari Catholic News Agency (CNA).

Menurut review di RS Siloam, sciatica adalah nyeri saraf yang terjadi akibat iritasi atau kerusakan pada saraf sciatic di sekitar panggul (gluteal).

Baca juga: Sistem Pernafasan: Fungsi, Organ, Cara Menjaga Kesehatannya

  2021

Tahun ini, Paus Fransiskus didiagnosis menderita penyempitan usus besar setelah diperiksa oleh pegawai sistem kesehatan Vatikan, Massimiliano Strappetti.

Menurut Francis, Strappetti menyelamatkan nyawanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top