Konsol Game Atari 7800 Plus Meluncur, Bisa Mainkan Kaset Jadul

virprom.com – Atari, perusahaan yang fokus pada produk dan game lawas (retro), meluncurkan konsol game terbarunya, Atari 7800 Plus, pada Rabu (21/8/2024).

Konsol ini merupakan versi baru dari Atari 7800, pertama kali dirilis pada Mei 1986 tanpa “Plus”.

Sebagai versi baru, Atari 7800 Plus mengusung desain kompak dengan performa bertenaga. Atari 7800 berukuran 11,5 (lebar) x 8,5 (panjang) x 3,25 (tinggi) inci, sedangkan versi terbaru berukuran 11,75 (lebar) x 6,5 (panjang) x 2,3 (tinggi) inci.

Tampilan konsol baru ini sama persis dengan versi lama, hanya saja pada bagian atas konsol terdapat slot untuk memasukkan kaset (cartridge).

Di bawahnya ada garis putih berisi logo Atari. Ada juga bilah berwarna yang bertuliskan “7800+”, yang sebenarnya mengacu pada konsol Atari 7800 Plus. Di bagian bawah konsol masih terdapat tombol “Power”, “Pause”, “Select” dan “Reset”.

Baca juga: Atari Mengakuisisi Intellivision Pesaing Di Pasar Game Retro

Atari 7800 Plus kini memiliki port HDMI yang memungkinkan gamer menghubungkan konsol ke televisi dan monitor modern.

Sebagai perbandingan, versi asli Atari 7800 mengandalkan perangkat internal yang disebut TV/Game Switch Box dan tidak mendukung HDMI.

Konsol retro ini kompatibel dengan kaset game konsol Atari 2600 dan Atari 7800 lama. Artinya, pemain yang sudah memiliki game dari kedua konsol tersebut dapat memasukkan kaset tersebut ke dalam Atari 7800 Plus dan langsung memutarnya.

Berbicara tentang game, paket ritel Atari 7800 Plus mencakup kaset game Crystal Quest 3 Bentley Bear, sekuel dari game klasik Crystal Castles.

Atari juga merilis sepuluh kaset game lainnya yang menampilkan game klasik Atari seperti Asteroids Deluxe, Berzerk dan Frenzy.

Selama bermain game, pemain dapat mengubah resolusi layar dari layar lebar menjadi 4:3, dan sebaliknya. Seperti namanya, layar lebar menawarkan resolusi layar yang lebih lebar, sedangkan rasio aspek 4:3 lebih kecil dan biasanya digunakan pada konsol lama.

Baca juga: Konsol Lama Atari 400 Kembali Hadir dalam Versi Lebih Kecil

Atari 7800 Plus memiliki soket kaset yang besar untuk memudahkan pemain memasukkan cartridge.

Soket yang lebih besar ini membuat Atari 7800 Plus lebih kompatibel dengan banyak game.

Untuk hardware, Atari 7800 Plus ditenagai mikroprosesor Rockchip 3128 SOC. Konsol retro ini menjalankan perangkat lunak Stella dan ProSystem dan dilengkapi dengan kabel USB-C.

Lanjut ke bagian controller, pemain bisa menggunakan dua gamepad yang tersedia yakni Atari CX78 Plus dan Atari CX40 Plus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top