Kenali Penyebab AC Mobil Tak Dingin Saat Dioperasikan Siang Hari

Klaten, virprom.com – Mobil dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) untuk menunjang kenyamanan penumpang di dalam kabin. Ketika kinerja AC mulai menurun, aliran udara menjadi kurang dingin

Namun jika mobil dikendarai pada malam hari, AC menjadi dingin, sedangkan kabin terasa panas pada siang hari.

Dewa, pemilik Bengkel Spesialis AC Mobil Joga mengatakan, AC mobil yang sehat harus mampu menjaga kesejukan udara di dalam kabin.

Baca Juga: Jangan salah, AC mobil yang mengeluarkan uap sedingin es sebenarnya tidak normal.

“Kondisi cuaca akan sangat mempengaruhi pengoperasian sistem AC, misalnya saat panas kemungkinan besar kompresor akan bekerja ekstra, waktu pengoperasian mungkin lebih lama karena harus melawan panas,” ujarnya kepada compa.com, Selasa. 9/3/2024)

Menurut Dewa, hubungan sebaliknya juga terjadi, suhu lingkungan relatif rendah pada malam hari. Sehingga pengoperasian sistem AC akan lebih mudah karena target suhu kabin lebih mudah tercapai

– Selain pengaturan suhu di dalam kabin, karena suhu udara di lingkungan lebih rendah, sistem pendingin depan di kondensor juga akan ditingkatkan, kata Dev.

Baca Juga: Kondisi Udara Buruk Bikin Filter AC Mobil Lebih Cepat Kotor

Dewa mengatakan, ketika AC hanya mampu mendinginkan kabin pada malam hari, berarti kinerja AC berkurang meski sistem secara keseluruhan bekerja.

Bisa jadi karena jumlah freonnya berkurang, kompresornya lemah dan aliran freonnya terhambat, hanya saja kompresornya masih mau berputar, perlu dilakukan analisa untuk mengetahui bagian mana yang bermasalah, kata Dewa. seorang ahli yang menggunakan peralatan tersebut.

Dewa mengatakan, ketika terjadi kekurangan freon, AC perlu dicek kebocorannya agar bisa segera diperbaiki dan performanya bisa pulih kembali.

Baca Juga: Hati-hati, Salah Setting Suhu AC Mobil Bakal Boros Bahan Bakar

Aliran freon yang tidak lancar bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pengering yang kotor, kondensor tersumbat, dan selang tersumbat karena tertekuk atau kotor, kata Dewa.

Jika masalahnya adalah kotoran, Dewa mengatakan solusinya mungkin dengan perawatan AC atau perawatan AC tanpa menggunakan metode pembilasan.

Sedangkan menurut Dewa, jika kompresor habis maka perlu dilakukan pengukuran tekanan pada selang bertekanan tinggi menggunakan alat khusus.

Baca juga: Jangan Langsung Nyalakan AC Mobil di Pagi Hari, Ini Dampaknya.

Jadi AC mobil yang hanya dingin pada malam hari bisa menjadi pertanda performanya menurun sehingga sistem AC perlu segera diperbaiki. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top