Kesiapan Relawan Medis di Tengah Animo Suporter di Piala Eropa 2024

Laporan langsung Cindy Pritami, Mitra virprom.com, dari Munich, Jerman

virprom.com – Palang Merah Bavaria (Bayerisches Rotes Kreuz atau BRK) merupakan bagian dari Palang Merah Jerman yang turun untuk memberikan layanan medis kepada suporter di stadion.

BRK menyediakan 85 relawan di lokasi festival setiap hari festival.

Sementara itu, sekitar 10-18 relawan bertugas di Fan Zone tergantung cuaca dan negara tempat mereka bermain hari itu.

Dokter sukarelawan ini harus tiba empat jam sebelum pertandingan dimulai dan dokter terakhir harus menyelesaikan pekerjaannya sebelum peluit akhir dibunyikan.

Baca juga: Suporter Piala Eropa: Menghadapi Kenaikan Harga, Ada yang Mudik Hari Ini

Selain layanan darurat, para relawan medis yang telah mendapatkan pelatihan khusus dan beberapa pelatihan ini juga memberikan dukungan psikologis kepada pengunjung, karyawan, dan pekerja. 

Setiap tim memiliki kotak P3K, oksigen, defibrillator, dan tandu. Selain relawan, 1-2 dokter juga bertugas setiap harinya.

Kejahatan yang mereka hadapi juga bergantung pada cuaca pada hari pertandingan, panas dan kelelahan saat panas serta wisatawan yang terpeleset saat hujan.

“Dalam dua minggu Piala Eropa 2024, kasus terburuk yang kami lihat adalah patah tulang di lengan dan kaki,” kata seorang sukarelawan Fan Zone, yang pekerjaan penuh waktunya adalah sebagai pengembang perangkat lunak. 

“Beberapa permasalahannya antara lain luka yang sudah diplester dan nyeri yang bisa diatasi dengan obat pereda nyeri,” ujarnya. 

Persiapan ofisial di lapangan penting dilakukan mengingat tingginya animo penonton datang ke Piala Eropa 2024.

Baca juga: Euro 2024 saat Southgate terjatuh dengan gelas plastik usai Inggris vs Slovenia

Peneliti Ifo Institute di Munich, Gerome Wolf, mengatakan ada sekitar 600.000 turis asing dan 1,5 juta orang yang menginap selama Piala Eropa.

Kehadiran suporter di Piala Eropa diperkirakan menambah satu miliar euro bagi perekonomian Jerman.

Kementerian Perekonomian Jerman juga memperkirakan kontraksi sementara di sektor-sektor yang berhubungan dengan konsumen setelah lemahnya penjualan ritel tahun ini.

Namun, analis juga menyebut peningkatan tersebut tidak sebanding dengan Piala Dunia 2006.

Para ahli sepakat bahwa dampak Euro 2024 terhadap perekonomian Eropa juga akan bergantung pada kinerja nasional Jerman dalam pertandingan tersebut. Dengarkan berita terkini dan ringkasannya langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk menemukan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top