5 Cara Mengatasi Tab Chrome yang Refresh Otomatis

virprom.com – Menyegarkan tab secara otomatis di Google Chrome bisa menjadi masalah yang mengganggu, terutama saat Anda bekerja dengan banyak tab yang terbuka.

Saat Anda kembali ke tab yang sudah tidak aktif selama beberapa waktu, tab tersebut sering disegarkan, yang dapat mengakibatkan hilangnya data yang belum disimpan atau harus memulai dari awal.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh fitur bawaan Chrome yang disebut “Tab Clear” yang dirancang untuk menghemat memori pada perangkat. Namun bagi sebagian pengguna, fitur ini sangat mengganggu. Apalagi jika Anda sering bekerja dengan data yang membutuhkan akses terus-menerus.

Namun, ada beberapa cara untuk bekerja dengan tab pembaruan otomatis Chrome. apa itu KompasTekno lengkap rangkum beberapa solusinya.

Baca Juga: Cara Kerja Mode Penyamaran di Google Chrome Tutup Tab yang Tidak Diperlukan

Jika Anda membuka terlalu banyak tab di Chrome, browser akan “menghapus” tab yang tidak aktif. Ini menghapus tab dari memori fisik untuk mengosongkan RAM untuk tab yang aktif.

Tutup semua tab yang tidak diperlukan untuk memberi Chrome lebih banyak sumber daya memori. Nanti Anda dapat menentukan pintasan apa pun yang mungkin Anda perlukan. Jika Anda telah mem-bookmark banyak tab, Anda dapat menggunakan ekstensi pengelola bookmark untuk mengatur dan mencari tab yang di-bookmark. Mulai ulang Google Chrome

Jika Anda tidak membuka banyak tab, namun tab masih diperbarui secara otomatis, ini mungkin masalah sementara. Memulai ulang Chrome dapat membantu mengatasi masalah ini.

Tutup Chrome, tetapi sebelum membukanya kembali, buka Task Manager di Windows atau Activity Monitor di macOS dan tutup proses latar belakang yang berjalan di browser.

Jika tidak berhasil, Anda dapat memperbarui Chrome (karena Google mungkin memperbaiki bug dan membuatnya berfungsi lebih baik) lalu memulai ulang. Untuk melakukannya, klik ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Bantuan > Tentang Google Chrome. Lihat ekstensi Google Chrome

Meskipun ekstensi dapat meningkatkan pengalaman menjelajah Anda di Google, beberapa di antaranya dapat mengganggu pengelolaan tab di Chrome.

Beberapa ekstensi mungkin menggunakan banyak RAM, yang dapat menyebabkan Chrome menyegarkan beberapa tab secara otomatis.

Untuk mengatasi masalah ini, coba tutup semua ekstensi. Anda dapat menggunakan Task Manager bawaan Chrome untuk mengetahui penyebabnya. Cara mengaksesnya: Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas layar dan pilih More Tools > Task Manager. Di jendela Task Manager, pilih ekstensi yang Anda curigai mengganggu Chrome atau menggunakan terlalu banyak RAM, lalu klik Akhiri Proses.  Matikan penyimpanan memori di Chrome

Penghemat memori Chrome menghapus tab yang tidak Anda gunakan. Dengan menonaktifkan fitur ini, tab tidak lagi terhapus secara otomatis. Namun, ini berfungsi tanpa memprioritaskan manajemen memori Chrome. Berikut cara menonaktifkan penghemat memori: Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih “Pengaturan”. Di panel kiri, klik tombol “Kinerja” dan matikan sakelar di sebelah “Penyimpanan”. Jika Anda tetap ingin menggunakan Pengoptimalan Memori, Anda dapat tetap mengaktifkannya dan membuat daftar situs web yang harus selalu aktif di Chrome. Ini akan mencegah bookmark dari situs tersebut dihapus secara otomatis. Untuk melakukan ini, klik tombol Tambah di sebelah Selalu aktifkan situs-situs ini. Pada tab Tambahkan Situs Saat Ini, Anda dapat memilih salah satu tab yang akan terbuka. Anda juga dapat memilih tab Tambahkan situs secara manual dan masukkan alamat situs web yang diinginkan. Setelah itu, klik tombol Tambah. Setel ulang Google Chrome

Jika solusi sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat menyetel ulang setelan Chrome. Namun perlu diingat bahwa ini akan mengatur ulang Chrome ke pengaturan default, menonaktifkan semua ekstensi, dan menghapus cache dan cookie. Beberapa data, seperti riwayat, bookmark, dan kata sandi, akan tetap aman dan tidak akan dihapus.

Cara mereset Google Chrome Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih “Pengaturan” dari menu. Pilih “Reset Pengaturan” di menu sebelah kiri dan klik tombol “Reset Pengaturan” di panel kanan. Di jendela pop-up yang muncul, klik tombol “Setel Ulang Setelan” untuk menyetel ulang setelan Chrome dan mengembalikan perubahan yang menyebabkan tab disegarkan secara otomatis.

Dengan cara ini Anda dapat bekerja dengan tab Chrome yang menyegarkan secara otomatis. Semoga ini bisa membantu.

Baca juga: Cara menghapus ekstensi yang dibundel di Google Chrome

Dapatkan berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Bergabunglah dengan saluran WhatsApp KompasTekno.

Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

  Dengarkan berita terbaru kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top