Kantor Komunikasi Kepresidenan Akan Koordinasikan Para Jubir Presiden

JAKARTA, virprom.com – Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan badan baru yang dipimpinnya akan bertugas mengoordinasikan juru bicara presiden.

“Sesuai dengan Undang-Undang Presiden (UU Presiden), kepala kantor ini akan bertindak sebagai koordinator juru bicara presiden. Selain kepala kantor, akan ada juru bicara lain yang ditunjuk presiden di kantor ini,” Hassan ujarnya usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).

“Jumlahnya (sekretaris) berdasarkan kebutuhan Presiden, jadi jumlahnya tidak dipilih berdasarkan kebutuhan Presiden,” imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Hassan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

Mantan konsultan politik ini menjelaskan, secara umum lembaga baru ini bertugas memberikan dukungan kepada Presiden terhadap kebijakan-kebijakan strategis dan isu-isu komunikasi terkait program-program utama Presiden.

Kantor Komunikasi Presiden juga mempunyai tugas melakukan koordinasi dengan departemen dan lembaga terkait dengan rencana strategis dan program penting Presiden.

Ia juga membuka kemungkinan pengalihan fungsi Kantor Staf Presiden (KSP) Annex IV ke kantornya.

“Saya kira hanya fungsi dan kegiatan Annex IV yang dialihkan ke kantor ini dan selebihnya tetap pada instansi lama,” jelas Hasan.

“Karena sekarang ini perusahaan baru, kedepannya kita akan memfinalisasi struktur organisasinya, kita memang harus ada di kantor, mencari tempat kerja disini, dan menyiapkan tim support, tim ts” dukung kantor ini bisa langsung bekerja,” kata Cyrus Network, lanjut pendiri firma riset tersebut.

Baca Juga: Laporan Juru Bicara Prabowo Hasan Nasbi Ditunjuk Jokowi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.

Hasan yang mengaku pensiun sebagai konsultan politik sejak Februari lalu, membantah jabatan yang dipimpinnya mengancam demokrasi dalam hal akses informasi dan transparansi.

Menurut dia, kebebasan pers tidak akan terpengaruh dan sistem kontrol terhadap media akan tetap terjaga meski ada Kantor Komunikasi Presiden.

“Yang jelas, hasil program-program utama pemerintah perlu kita diskusikan agar masyarakat mendapat informasi yang jelas dan transparan tentang apa yang dilakukan pemerintah,” kata Hassan.

Kantor Kepala Kantor Presiden didirikan Jokowi pada 15 Agustus melalui Keputusan Presiden No. 82 Tahun 2024 yang ditandatangani dan diterbitkan pada hari yang sama.

Selain menjadi konsultan politik, Hassan dikenal dekat dengan kalangan Jokowi.

Pada Pilpres 2024, ia bekerja langsung sebagai salah satu juru bicara Komite Kampanye Nasional Prabowo Subianto (DKN) yang didampingi putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming. Dengarkan berita terbaik kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top