Pengamat: Pidato Megawati Jelas Menyatakan PDI-P Siap Jadi Oposisi Prabowo

JAKARTA, virprom.com – Pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan pandangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terlihat dari pidato politik Megawati Soekarnoputri saat pembukaan konferensi kerja nasional (rakernas) pada Jumat (24/ 5). / 2024).

Menurut Ray, pidato Megawati sangat menegaskan bahwa PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sebab, kata Ketua Umum PDI Perjuangan ini, politik tidak selalu soal mencari tempat yang nyaman.

“Tidak perlu penjelasan apa pun. Hal itu dengan jelas dinyatakan pada Ny. PDI-P siap menghadapi oposisi. Lagipula, andai saja hal itu bisa membuat PDI-P keluar. Politik, kata Mega, bukan sekedar mencari zona nyaman. Tapi juga ajang uji coba. Terutama untuk menjaga keyakinan dan perasaan, kata Ray dalam keterangannya, Minggu (26/5/2024).

Baca juga: Petikan Pidato Megawati di Munas Pimpinan PDI Perjuangan yang Bahas Kecurangan Pemilu dan Kritik Amandemen UU Mahkamah Konstitusi.

Lalu kata dia, Megawati meminta tegas kepada Partai PDI-P di DPR untuk memastikan Mahkamah Konstitusi (MK) tidak mencampuri usulan perubahan UU MK.

Selain itu, menurut Ray, Presiden kelima RI ini mengkritisi rencana peningkatan pelayanan atas nama pembangunan.

“Tak ada yang lebih sulit lagi,” kata Ny. Mega dibandingkan saat menjadi presiden di awal reformasi. Faktanya, dalam situasi seperti ini, jumlah anggota kabinet masih sedikit dan banyak diisi oleh kelompok non-partai, ujarnya.

Ia juga mengatakan Megawati mengecam keras tindakan polisi yang dianggap lebih dekat dengan politik dibandingkan menjadi lembaga keamanan profesional.

Baca Juga: Hari ini Munas V PDI Perjuangan Ditutup, Rekomendasi dan Pidato Megawati Dibacakan.

Oleh karena itu, Ray kembali menegaskan bahwa PDI Perjuangan akan menentang pemerintahan Prabowo-Gibran. Ia pun mengapresiasi keputusan tersebut.

“Dengan sikap seperti ini, tidak perlu ada keraguan. PDI-P berada di kubu oposisi. Dan keputusan ini sangat tepat. Suatu bentuk rasa hormat PDI-P terhadap suara masyarakat yang memilihnya. Pemberian mandat ini merupakan bagian penting dalam mendorong politik bermartabat dengan kualitas yang hampir hilang dari “budaya politik Indonesia saat ini,” ujarnya.

Ray mengatakan, masih banyak harapan jika PDI-P akhirnya memutuskan keluar dari pemerintahan. Sebab, menurutnya, hingga saat ini pemeliharaan kekuasaan tidak dilakukan karena rekonsiliasi atau silaturahmi.

“Posisi PDI-P di oposisi masih hidup dalam politik. Demokrasi kembali terasa bermakna setelah dihancurkan oleh para politisi yang mengejar kekuasaan atas nama rekonsiliasi, persahabatan atau serangkaian kata lain secara sembunyi-sembunyi. Pada akhirnya tujuannya adalah untuk berbagi kekuasaan, dan menjadi oposisi,” kata Ray.

Baca juga: Kita Tunggu Komentar PDI-P Soal Pemerintahan Prabowo, Tanda-Tanda Penentangan Megawati

Maklum, dalam pidato politiknya, Megawati tidak secara gamblang menyatakan sikap PDI-P terhadap pemerintahan masa depan.

Namun, Megawati mengkritik banyak hal yang datang dari pemerintah. Mulai dari pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemliu) 2024 yang penuh kecurangan, peran serta TNI-Polri dalam politik aktif, hingga kepemimpinan kepemimpinan yang berperilaku mandiri menjadikan undang-undang sebagai alasan dan suara kerinduan. . kekuasaan.

Kemudian, proses pengujian Mahkamah Konstitusi dan UU Penyiaran mendapat kritik, termasuk menyebut kabinet terlalu gemuk, serta membicarakan perlakuan yang diterima PDI Perjuangan selama ini.

Megawati juga meminta seluruh Kad PDI Perjuangan untuk terus mengkritisi dan membentuk pandangan partai terhadap kebijakan pemerintah ke depan. Ia menegaskan, Indonesia harus berdiri sendiri karena ibu kota negaranya kuat.

Baca juga: Sorotan Pidato Megawati di Munas Pimpinan PDI Perjuangan, Bicara Kecurangan Pemilu dan Kritik Amandemen UU Mahkamah Konstitusi Dengarkan berita terbaik dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top