Israel Serahkan 89 Jenazah Warga Palestina ke Gaza dengan Kondisi Memprihatinkan

GAZA, virprom.com – Israel telah mengembalikan jenazah lebih dari 80 warga Palestina yang tewas dalam serangan militer terbarunya di Jalur Gaza.

Yaman Abu Suleiman, direktur Layanan Darurat Sipil Palestina di Khan Yun, Gaza selatan, mengatakan pada Senin (5/8/2024) bahwa belum jelas apakah tentara mengambil jenazah dari kuburan selama serangan darat. Apakah mereka para tahanan yang disiksa dan dibunuh.

“Penangkapan itu tidak memberi kami nama, usia, atau informasi apa pun tentang apa pun. Ini adalah kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata Abu Suleiman, menurut Reuters.

Baca juga: PBB Khawatir Meluasnya Perang Gaza, Seruan Deeskalasi di Timur Tengah

Dia mengatakan, jenazah akan diperiksa untuk mengetahui penyebab kematian dan mengidentifikasinya.

Jika benar demikian, rencananya jenazah akan dimakamkan di kuburan massal di pemakaman dekat Rumah Sakit Nasser di Khan Younis.

Kantor media pemerintah Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan Israel mengirimkan 89 jenazah dalam kondisi buruk, yang berarti hanya tulang belulang dan mayat yang membusuk secara tidak manusiawi.

Dikatakan bahwa pasukan Israel telah “mencuri” lebih dari 2.000 jenazah dari puluhan kuburan sejak 7 Oktober, yang telah mereka hancurkan dalam serangan militer yang sedang berlangsung.

Reuters melaporkan bahwa militer Israel tidak memberikan komentar mengenai pengembalian jenazah tersebut.

Israel sebelumnya telah mengembalikan jenazah-jenazah tersebut setelah memverifikasi bahwa mereka bukan sandera Israel yang ditahan oleh Hamas sejak serangan 7 Oktober terhadap Israel.

Sementara itu, forum keluarga sandera Israel di Yerusalem mempertanyakan mengapa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengizinkan penyerahan jenazah Palestina tanpa kesepakatan gencatan senjata dengan Hamas.

“Mengapa jenazah harus dikembalikan di luar kerangka perjanjian yang komprehensif? Perjanjian seperti itu akan memungkinkan sandera yang masih hidup untuk direhabilitasi dan yang meninggal dikembalikan untuk dimakamkan secara layak,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Israel Jatuhkan 3 Bom di Sebuah Sekolah di Gaza, 15 Orang Tewas dalam Serangan Israel, Wakil Menteri Perekonomian Luka-luka.

Faktanya, kabar pengembalian jenazah tersebut datang saat Israel masih melanjutkan serangannya ke Gaza.

Di tenggara Khan Yunis, penduduk mengatakan pada hari Senin bahwa tembakan udara dan tank Israel terus berlanjut sepanjang malam, termasuk di daerah di mana Israel telah memerintahkan evakuasi.

Israel mengklaim Hamas menyerang dari sana.

Delapan warga Palestina yang bepergian dengan kendaraan tewas dalam serangan udara Israel di jalan raya dekat Khan Yunis pada hari Senin, kata dokter.

Militer Israel pada Senin mengatakan pihaknya telah membunuh Abdel-Fattah al-Zarei, yang dikatakan terkait dengan divisi produksi senjata Hamas. Penyerangan terjadi pada Minggu (4/8/2024).

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan Zariai, yang merupakan wakil menteri ekonomi Jalur Gaza, tewas dalam serangan Israel terhadap rumahnya di Deir al-Balah, Gaza tengah, yang juga menewaskan ibunya.

  Dengarkan pilihan berita terkini dan berita utama kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top