Kebakaran Lahan di California, 144.500 Hektar Hangus

CALIFORNIA, virprom.com – Kebakaran hutan di Chico California menghanguskan lebih dari 144.500 hektar pada Minggu (28/7/2024).

Menurut Kepala Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire), Billy C., kebakaran ini merupakan kebakaran terbesar ketujuh yang pernah tercatat dalam sejarah negara bagian.

Api semakin membesar akibat pengaruh angin dan suhu yang meningkat pada siang hari. Meski demikian, petugas pemadam kebakaran tetap berupaya memadamkan api.

Baca juga: Kejadian Kebakaran Langka Terjadi di California

Kemajuan dicapai pada hari Sabtu di tengah angin sepoi-sepoi dan suhu dingin yang memungkinkan petugas pemadam kebakaran menyatakan kobaran api sekitar 12 persen dapat diatasi, kata Seay pada konferensi pers.

Namun dia memperingatkan bahwa angin akan bertiup di puncak ngarai pada hari Minggu.

Kebakaran tersebut memaksa sekitar 4.200 orang meninggalkan rumah mereka di Butte County dan membakar sebagian besar daerah pedesaan dan pegunungan sekitar 80 mil (145 km) utara ibu kota negara bagian, Sacramento.

Kepala Operasi Mark Brunton mengatakan petugas pemadam kebakaran menghadapi tantangan seperti medan yang berat.

“Kami mulai melihat peningkatan aktivitas kebakaran,” ujarnya, seperti dikutip AFP, Senin (29/7/2024).

Sekitar 4.000 orang berusaha memadamkan api dengan bantuan pesawat dan buldoser.

“Meski 67 bangunan rusak atau hancur, namun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan,” kata C.

Kebakaran terus terjadi di Butte County, dimana lahan seluas 53.000 hektar telah terbakar, dan di wilayah tetangganya, Tehema County, dimana 304.000 hektar lahan telah terbakar.

Kebakaran tersebut menghasilkan asap tebal berwarna abu-abu dalam jumlah besar yang juga menyebar ke negara tetangga.

Baca juga: 75 Drone Ukraina Serang Rusia dan Salah Satunya Sebabkan Kebakaran di Kilang Minyak

Sebelumnya pada hari Kamis, polisi menangkap seorang pria berusia 42 tahun karena dicurigai menyalakan api dengan mendorong mobil yang terbakar ke dalam lembah.

Para ahli mengatakan perubahan iklim, yang dipercepat oleh tindakan manusia, menyebabkan lebih banyak kejadian cuaca ekstrem. Dengarkan berita kami dan pilihan baru langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top