Dirut BPJS Kesehatan: Inovasi Digital Pengenal Wajah ‘FRISTA’ Permudah Verifikasi Identitas

virprom.com – Inovasi pengenalan wajah digital BPJS Kesehatan (FRISTA) telah diluncurkan di berbagai fasilitas kesehatan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pelayanan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D., AAK menjelaskan teknologi ini menerapkan identitas tunggal dengan KTP elektronik.

“Teknologi ini telah menerapkan identitas tunggal dengan KTP elektronik sebagai alternatif kartu JKN untuk validasi dan verifikasi kepesertaan JKN. Mempercepat proses verifikasi identitas peserta dan mengurangi kesalahan.” kata Ghufron saat mengunjungi RS Brayat Minulya Surakarta, Sabtu (31/8/2024).

Ghufron berharap dengan menggunakan aplikasi FRISTA, peserta JKN dapat menikmati kemudahan dan manfaat dengan meningkatkan efisiensi dan akurasi layanan JKN secara signifikan.

Ghufran mengatakan peluncuran FRISTA merupakan jawaban atas kekhawatiran keamanan dan keakuratan data peserta.

Ia menegaskan, penggunaan teknologi ini merupakan upaya mencegah potensi penipuan dan penyalahgunaan identitas dalam sistem JKN.

Lebih lanjut Ghufran menjelaskan, BPJS Kesehatan terus menggali berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan peserta JKN.

Dalam konteks ini, kepuasan dan kenyamanan peserta JKN dalam mengakses layanan kesehatan menjadi prioritas utama BPJS kesehatan.

Selain FRISTA, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan berbagai inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan peserta JKN. Inovasi tersebut antara lain layanan administrasi melalui WhatsApp BPJS Kesehatan (PANDAWA), layanan pengaduan atau pertanyaan melalui WhatsApp di 0811816516.

Selain itu, BPJS Kesehatan memfasilitasi JKN melalui JKN Mobile Application yang memiliki beragam fitur unggulan antara lain: Cek Status Kepesertaan Perubahan Data Peserta Pembayaran Bertahap (Rehabilitasi) Skrining Riwayat Kesehatan Antrean Online.

“Kini peserta JKN tidak perlu lagi ke kantor cabang untuk mengecek status kepesertaannya. Dengan membuka aplikasi mobile JKN, peserta bisa menikmati berbagai manfaat memiliki BPJS kesehatan. luas. layanan kesehatan,” jelas Ghufran. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top