Google Meet Kini Bisa Bikin Notula Rapat Otomatis dengan AI

COMPAS.com. Pada Selasa (27/08/2024), platform telekonferensi video Google Meet merilis fitur baru bernama “buat catatan untuk saya”.

Ditenagai kecerdasan buatan (AI) milik Google, fitur ini pertama kali diumumkan Google di Cloud Next Agusuts 2023. Setahun kemudian, fitur tersebut akhirnya dirilis ke pengguna.

Seperti namanya, fungsi AI “buat catatan untuk saya” bertanggung jawab untuk membuat notulensi atau catatan rapat.

Fitur ini mirip dengan alat transkripsi di Google Meet. Bedanya, fungsi pencatatan AI bagi saya hanya akan merangkum apa yang dikatakan setiap orang, bukan menuliskan apa yang dikatakan setiap orang dalam rapat.

Baca juga: 2 Cara Merekam Rapat Google Meet Tanpa Berlangganan Premium

Saat ini, fitur “buat catatan untuk saya” hanya tersedia saat menggunakan Google Meet di komputer atau laptop, dan rapat harus dalam bahasa Inggris lisan.

Fitur baru ini diharapkan dapat membuat rapat menjadi lebih produktif dan efisien. Dengan mengotomatiskan pencatatan, peserta dapat lebih fokus pada diskusi dan kolaborasi

Namun, belum diketahui seberapa akurat hasil protokol yang dibuat oleh fitur “buat catatan untuk saya” di Google Meet. 

Setelah diaktifkan, fitur ini akan otomatis disimpan ke Google Doc. Setelah rapat berakhir, penyelenggara rapat dan siapa pun yang mengaktifkan fitur ini akan menerima email berisi link ke dokumen catatan rapat yang dibuat.

Dokumen catatan juga akan ditambahkan ke acara kalender di mana peserta rapat internal dapat mengaksesnya. 

Jika peserta datang terlambat ke rapat, Google mengatakan fitur barunya akan memberikan ringkasan dari apa yang telah dibahas sebelumnya. 

Baca juga: 5 alat AI untuk transkripsi video dan audio yang lebih praktis

Selain itu, jika peserta menggunakan alat perekaman dan transkrip Google Meet secara bersamaan, link ke file tersebut juga akan disertakan dalam Google Dokumen yang sama dengan catatan rapat.

Fitur AI “buat catatan untuk saya” diluncurkan ke pelanggan Google Workspace dengan add-on Gemini Enterprise, Gemini Education Premium, atau AI Meetings & Messaging.

Google berharap peluncuran Google Workspace ke seluruh pelanggannya dapat diselesaikan dalam waktu 15 hari atau paling lambat 10 September 2024, demikian KompasTekno rangkum dari blog Google, Kamis (29/08/2024). Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top