Kunjungi Kantor Pusat DEC di China, Puan Tekankan Pentingnya Peningkatan Kerja Sama Antarnegara 

virprom.com – Presiden Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (RI), Puan Maharani, mengunjungi kantor pusat Dongfang Electric Corporation Ltd (DEC) di Chengdu, Provinsi Sichuan, China pada Jumat (31/05/2018). 2024).

Dalam kunjungan tersebut, beliau bersama delegasi DPR RI ditemui oleh jajaran direksi Dongfang Electric antara lain Senior Vice President DEC Group Song Zhiyuan, Vice President (VP) DEC Group Li Jianghua, President Turbine Oriental Chen Zhongming dan Deputy International Business Department DEC termasuk Direktur Zhuan Wenming.

Terkait hal tersebut, Puan menekankan pentingnya peningkatan kerja sama kedua negara di bidang transfer teknologi dan penggunaan tenaga kerja Indonesia.

“Kami berharap proyek investasi DEC dapat menarik banyak sumber daya manusia (SDM) asal Indonesia,” kata virprom.com dalam siaran persnya, Sabtu (1/6/2024).

Baca juga: Integrasi infrastruktur gas bumi menjadi lebih efektif dan efisien berkat inovasi teknologi

Selain itu, Puan juga berharap peningkatan transfer teknologi memberikan kesempatan bagi generasi muda Indonesia untuk terdidik dan dilatih menjadi insinyur dan ahli di berbagai bidang.

DEC adalah perusahaan peralatan dan jasa kelistrikan yang mengembangkan, merancang, memproduksi dan menjual peralatan termal untuk pembangkit listrik tenaga air, termal, nuklir, angin, uap, dan surya. Perusahaan ini memiliki kantor dan puluhan proyek di Indonesia sejak tahun 2015.

Dalam pertemuan dengan Puan, jajaran direksi DEC menjelaskan perkembangan proyek yang sedang dilaksanakan, termasuk proyek pembangkit listrik tenaga air dan nuklir.

DEC juga terlibat dalam pengembangan infrastruktur dan teknologi pengeboran minyak dan gas lepas pantai.

Baca juga: Rob Demack, Bupati: Harapan 2025 membawa pembangunan infrastruktur pada proyek CEC di Indonesia 

Dalam kesempatan tersebut, Puan juga diberikan gambaran mengenai proyek-proyek DEC di Indonesia yang tersebar di beberapa daerah seperti Poso, Pakitan dan Silakap.

Proyek terbesar DEC di Cilacap adalah pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan menggunakan teknologi boiler Ultra Super Critical (USC).

“Apakah kekuatan itu?” kata Puan yang terkadang bertanya tentang proyek DEC di Indonesia.

Saat berada di ruang presentasi, Puan disuguhkan video profil perusahaan DEC. Melalui video tersebut Puan mengetahui bahwa arti dongfang adalah timur.

Baca juga: Pengunjuk rasa menulis permohonan dalam bahasa Arab untuk mendengarkan solidaritas Timur Tengah terhadap Palestina

Selain itu, Puan juga melihat arsip perjalanan DEC di lorong-lorong dinding kantor Dongfang.

Usai mendengar pemaparan, Puan diajak mengunjungi kantor pusat Dongfang Electric. Di sini, komite pengarah DEC mendemonstrasikan produksi kendaraan berbahan bakar hidrogen, termasuk bus hidrogen yang disebut “Bus Kota Sel Bahan Bakar”.

Puan melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana bus itu digunakan untuk mengangkut pekerja di kawasan perkantoran Dongfang.

Menurut pejabat CEC, bus hidrogen dapat menempuh jarak 200 kilometer (km) dengan mengisi bahan bakar hidrogen hanya dalam waktu 10 menit.

Baca Juga: Hyundai Masih Menunggu Aturan Pemerintah Soal Mobil Hidrogen

Puan mendukung penuh upaya baru dalam pengembangan energi terbarukan.

Ia juga menyampaikan harapan kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok, bahkan melalui CEC, dapat dikembangkan demi kemajuan kedua negara.

Cucu Bung Karno tersebut mengatakan: “Kami akan mendukung kerja sama investasi pemanfaatan sumber daya terbarukan untuk mencapai masa depan dunia yang lebih hijau. Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kedua negara.” Dengarkan berita dan peluang terbaru kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top