Red Bull Bikin Mobil Hypercar, Performa Setara F1

JAKARTA, virprom.com – Red Bull, produsen minuman energi, mendukung banyak ajang olahraga dan balap, termasuk Formula 1 (F1). Baru-baru ini Red Bull mengembangkan mobil yang diklaim memiliki performa setara dengan mobil balap F1.

Diambil dari Autoexpress.co.uk, Senin (15/7/2024), mobil berjenis hypercar tersebut diberi nama Red Bull RB17. Mobil dan mesin yang digunakan dirancang oleh Adrian Newey yang juga mendesain mobil F1.

Baca juga: Red Bull Resmi Hilang dari Daftar Sponsor Honda MotoGP

Namun mobil ini didesain khusus untuk digunakan di trek, bukan di jalan raya. Konfigurasi V10 merupakan mesin yang digunakan dengan performa tertinggi.

Red Bull RB17 akan debut di Goodwood Festival of Speed ​​2024.

Mobil bermesin tengah ini juga dipadukan dengan motor listrik yang jika digabungkan akan menghasilkan tenaga hingga 1.200 hp. Sedangkan kecepatan tertingginya disebut-sebut mencapai 350 kilometer per jam.

Baca juga: Simak livery bersejarah Red Bull KTM Factory di MotoGP 2024

Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang, melalui transmisi serat karbon 6 percepatan. RB17 memiliki rasio power toweight yang luar biasa, karena dengan tenaga sebesar itu, bobotnya 900 kg, lebih ringan dari Suzuki Swift.

Bobot ringan tersebut bisa diraih dari sasis monocoque yang terbuat dari material serat karbon. Bagian belakang mobil ini dirancang khusus untuk memenuhi aturan keselamatan kelas Le Mans Hypercar.

Red Bull juga mengklaim RB17 bisa digunakan dalam balapan hingga 24 jam tanpa servis. Selain itu Red Bull juga menawarkan perawatan mobil ini di Markas Red Bull dimanapun pemiliknya berada.

Red Bull RB17 hanya diproduksi sebanyak 50 unit dan dibanderol dengan harga 5,75 juta poundsterling atau sekitar Rp 120 miliar. Produksi akan dimulai pada tahun 2025. Lihat berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk menemukan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top