21 Negara dengan Pengguna ChatGPT Terbanyak, Ada Indonesia

virprom.com – ChatGPT adalah salah satu obrolan kecerdasan buatan (AI) dengan pertumbuhan tercepat saat ini.

Menurut data, pada tahun 2024 pada bulan Agustus ChatGPT memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif di seluruh dunia, dengan 1,6 miliar kunjungan bulanan ke situs OpenAI.

Untuk menjawab pertanyaan ini, perusahaan konsultan manajemen internasional “Boston Consulting Group” pada tahun 2023. melakukan survei terhadap 21.000 konsumen di 21 negara, termasuk Indonesia, antara bulan Agustus dan September.

Survei tersebut mengidentifikasi negara-negara dengan jumlah pengguna chatbot AI tertinggi yang dibuat oleh OpenAI. Secara global, India merupakan negara dengan jumlah pengguna ChatGPT terbesar di dunia, dengan pangsa pasar sekitar 45 persen dari seluruh pengguna yang disurvei.

Baca juga: Banyak Pertanyaan Seputar ChatGPT Roast My Instagram Feed Challenge, Begini Cara Membuat dan Capture Kampanye

Di posisi kedua dan ketiga ada Maroko dan Uni Emirat Arab dengan pangsa pasar konsumen sebesar 38 persen dan konsumen yang disurvei sebesar 34 persen.

Indonesia pun menempati peringkat 10 besar sebagai negara dengan pengguna ChatGPT terbanyak, berhak menempati peringkat keenam dengan pangsa pasar 32 persen. Tren serupa juga terjadi pada Argentina di peringkat ke-4 dan Brasil di peringkat ke-5.

Dalam konteks kawasan Asia Selatan, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengguna ChatGPT tertinggi, mengungguli Filipina (8) dan Thailand (21).

Secara total, berikut daftar 21 negara yang disurvei dengan pengguna ChatGPT terbanyak: Negara Persentase pengguna yang disurvei menggunakan ChatGPT

India 45 persen Maroko 38 persen Uni Emirat Arab 34 persen Argentina 32 persen Brasil 32 persen Indonesia 32 persen Afrika Selatan 31 persen Filipina 28 persen Swedia 27 persen Korea Selatan 26 persen Turki 23 persen Amerika Serikat 23 persen Australia 22 persen Inggris 22 2 persen Jepang 19 persen Tiongkok 18 persen Perancis 18 persen Jerman 18 persen Arab Saudi 18 persen Thailand 14 persen Pengetahuan yang sangat baik tentang kecerdasan buatan

Dalam hasil surveinya, Boston Consulting Group menyebutkan kesadaran konsumen terhadap AI lebih tinggi dari perkiraan. Misalnya, lebih dari 90 persen pengguna di India dan Uni Emirat Arab pernah mendengar tentang ChatGPT. Di Tiongkok dan Arab Saudi, kesadaran meningkat hingga lebih dari 80 persen.

Baca Juga: Pelatihan AI ChatGPT dalam 100 Hari Setara Upaya 1000 Rumah Tangga dalam 5 Tahun

Sedangkan di Indonesia, 83 persen responden mengetahui ChatGPT masih ada. 32 persen

Secara keseluruhan, hampir 40 persen dari seluruh responden survei menyatakan kegembiraannya terhadap munculnya AI. Di sisi lain, mayoritas (28 persen) skeptis dan 29 persen khawatir terhadap AI. Mengadopsi AI: Rekomendasi Produk untuk Asisten Pribadi

Survei ini juga mengamati sifat adopsi AI oleh responden. Berdasarkan hasil survei, responden di negara-negara seperti Tiongkok, India, Thailand, dan Filipina menggunakan ChatGPT untuk mencari informasi, bantuan penelitian, dan bahkan asisten pribadi.

Namun orang nomor satu mengatakan penggunaan ChatGPT di Australia, Jerman, Inggris, dan Amerika “hanya untuk bersenang-senang”.

Selain itu, pada Senin (9/2/2024), KompasTekno mengumpulkan tiga cara penggunaan AI pada responden dari situs Boston Consulting Group:

Membantu mencapai tujuan kesehatan, keuangan, dan lainnya terlebih dahulu. Hal ini tercermin dari 32 persen responden survei yang menggunakan aplikasi kesehatan dan kebugaran.

Kedua, merekomendasikan sesuatu. Menurut survei tersebut, 28 persen responden beralih ke AI untuk meminta nasihat mengenai hal-hal seperti perhiasan.

Baca Juga: Fitur AI Bakal Tingkatkan Konsumsi Air Global, Bagaimana?

Yang ketiga adalah menemukan hasil. Survei tersebut menemukan bahwa 28% responden menggunakan pencarian visual AI untuk menemukan produk yang cocok atau mirip dengan barang yang ingin mereka beli. Tetap up to date dengan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top