Gerindra Sebut Tak Bisa Paksa Golkar Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta, tapi Ingatkan…

JAKARTA, virprom.com – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan partainya tidak bisa memaksa Partai Golkar mencalonkan Ridwan Kamil untuk mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Diketahui, Ridwan Kamil merupakan Wakil Ketua Umum Partai Golkar yang mendapat dua amanah dari partai tersebut untuk mendukung Pilkada dari Jawa Barat (Jabar) dan Pilkada dari Jakarta.

Menurut Habiburokhman, Golkar sempat mempertimbangkan pencalonan Ridwan Kamil pada Pilkada 2024. Meski demikian, ia tetap menegaskan Koalisi Indonesia Maju ingin menang di Jakarta dan Jawa Barat secara bersamaan.

“Kalau mau ke Jabar pasti putuskan di Jabar. Tapi kita ingin lebih baik lagi kalau kita menang di Jabar dan menang di Jakarta,” kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, dikutip Antaranews, Kamis (20/06/2024).

Baca juga: Golkar Berpotensi Berikan 95 Persen kepada Jokowi

Ia pun berusaha meyakinkan Golkar dengan mengatakan Ridwan Kamil berpeluang besar datang ke Jakarta. Sebab, tipikal pemilih di Jakarta dikatakan positif terhadap data baru tersebut.

Lebih lanjut, Habiburokhman menyebut warga Jakarta merupakan pemilih yang kritis terhadap petahana. Sehingga peluang lebih terbuka bagi Ridwan Kamil yang tidak berkantor di Jakarta.

Ia kemudian mencontohkan beberapa nama pejabat yang tidak terpilih kembali. Seperti Fauzi Bowo sebagai petahana yang kalah dari Joko Widodo pada Pilkada DKI Jakarta 2012. Kemudian Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai petahana juga kalah dari Anies Baswedan pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Karena Pak Anies dianggap menjabat, itu juga yang jadi pertanyaan. Oleh karena itu, Ridwan Kamil merupakan sosok baru di Jakarta dalam konteks pemilu,” kata Habiburokhman.

Baca juga: Reaksi Golkar Terhadap Jatuhnya Ridwan Kamil di Jakarta, Gerindra: Jajak Pendapat Selalu Tak Akurat

Apalagi, ia menanggapi isu turunnya elektabilitas Ridwan Kamil yang disampaikan Wakil Ketua Umum partai Golkar Ahmad Doli Kurnia.

Menurut Habiburokhman, elektabilitas jajak pendapat selalu berbeda dengan hasil akhir. Hal ini senada dengan pengalamannya mengoperasikan Pilkada Jakarta.

Ia menambahkan, Ridwan Kamil merupakan sosok yang dikenal secara nasional saat itu karena prestasinya sebagai Gubernur Jawa Barat. Oleh karena itu, ia diyakini akan tampil kompetitif jika berlaga di Jakarta.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan partainya masih bersedia mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Pilkada Jawa Barat.

Sebab menurut Doli, Gubernur Jabar 2018-2023 berpeluang menang lebih tinggi jika mencalonkan diri di Jabar dibandingkan di Jakarta, berdasarkan hasil survei.

“Dan Ridwan Kamil dari Jabar sudah teruji, pertama tingkat persetujuannya cukup tinggi, dan kemampuan seleksinya tidak tertandingi, jauh di atas nama-nama lain,” kata Doli, pada 19 Juni 2024.

Baca juga: Menanti Keputusan Golkar: Ridwan Kamil Siap Maju di Pilkada Jakarta atau Kawal Pilkada Jabar 2029.

Sementara itu, kata Doli, peluang terpilihnya Ridwan Kamil kian terpuruk seiring nama Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mulai meramaikan pasar Pilkada di Jakarta pada 2024.

“Begitu muncul nama-nama lain, lalu masuk nominasi, jadi tenar, muncul nama Anies Baswedan, muncul nama Basuki Tjahaja Purnama dan sebagainya, nah kalau kita lihat jajak pendapat hari ini, berarti berkurangnya pilihan, katanya. .

Namun Doli memastikan pihaknya belum mengambil keputusan final apakah akan mencalonkan Ridwan Kamil di Pilkad dari Jakarta atau Jawa Barat.

Seperti diketahui, Gerindra merupakan salah satu partai politik di Koalisi Indonesia Maju yang mendorong pencalonan Ridwan Kamil pada Pilkada di Jakarta 2024.

Baca Juga: Golkar: Ridwan Kamil Siap Maju di Pilkada Jakarta karena Anggap Anies Tak Lagi Ikut Serta

Di bawah ini link berita Antaranews, https://www.antaranews.com/berita/4159980/gerindra-buat-tidak-bisa-paksa-golkar-usung-ridwan-kamil-di-jakarta Simak berita terkini dan kabar kami pilihan langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top