Viral, Video Mobil Memaksakan Pakai Spion Sepeda Motor

SOLO, virprom.com – Penggunaan kaca spion pada kendaraan bermotor menjadi kebutuhan penting untuk menjamin keselamatan saat berkendara.

Namun beredar video yang memperlihatkan mobil berwarna hitam dengan kaca spion sepeda motor sedang melaju.

Video yang diunggah akun TikTok @miratunisaa_ ini mendapat banyak komentar, mulai dari signifikansi performanya hingga klaim pengemudi korban memiliki kaca spion mobil curian.

Baca Juga: Agar Tak Berkabut, Pengendara Bisa Sesuaikan AC Mobil Saat Hujan @miratunisaa_ Tapi Benarkah Kreatif? #fyp #soundviral #modif #car #ride #young driver? Suara asli – GeBe – Gebe Studio

 

Akun @siputkaleng_1.0mt menulis: “Ingat tidak ada satupun kaca spion mobil yang murah, saya mengagumi ayah yang bersikeras memprioritaskan kebutuhannya di rumah, siapa tahu dia bisa menabung untuk membeli kaca spion.

Akun @faatimaah.azzahraa menulis: “Kamu mungkin kehilangan kaca spion karena bahaya di jalan raya. Kalau sehat, beli dulu kaca spion sepeda motor lalu duduk di dalam mobil.”

@putra jawa menulis: “Prioritas kinerja, bukan gengsi”.

Baca juga: Jangan Sampai Botak, Cek Harga Ban Mobil Mulai Juli 2024

Terlepas dari alasan penggunaan kaca spion pada mobil, aturan penggunaan kaca spion pada kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 37.

Selain itu, dalam PP Nomor 55 Pasal 35 huruf b Tahun 2012 dijelaskan kaca spion mobil harus memiliki dua syarat.

Peraturan tersebut berbunyi: “Ada 2 bagian atau lebih dan terbuat dari kaca atau bahan lain dan dipasang pada posisi yang dapat memberikan pandangan jelas ke samping dan belakang tanpa mengubah jarak dan bentuk benda yang terlihat.”

Baca juga: Jangan Remehkan Ban Mobil yang Kurang Udara

Jenis kaca spion yang digunakan tidak bisa sembarangan karena harus bisa melihat objek di belakang dengan jelas.

Jika Anda memilih kaca spion aftermarket, pastikan kaca spion tersebut memenuhi standar pabrikan. Artinya material yang digunakan harus mampu menggambarkan tampilan bodi belakang secara luas, sehingga tidak menyulitkan pengemudi untuk melihat kondisi bagian belakang. Dengarkan berita terbaru kami dan beragam berita langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top