Maju Pilkada Jakarta, Rano Karno: Ini Sebetulnya Spekulasi Berat buat Saya…

JAKARTA, virprom.com – Rano Karno, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengakui, mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur (cawagub) di Jakarta merupakan pertaruhan besar. Sebab, ia dipastikan kembali dimutasi ke Senayan sebagai anggota DPR RI masa jabatan 2024-2029.

Menurut Rano, hanya dengan dukungan PDI Perjuangan ia harus merelakan usahanya agar Senayan bisa maju di Pilkada Jakarta. Lawannya adalah koalisi besar yakni 86 persen partai yang menguasai kursi DPRD Jakarta.

“Ini benar-benar asumsi yang berat buat saya pribadi, kalau menang ya nggak apa-apa, tapi kalau kalah harus keluar DPR ya,” kata Rano Karno dalam wawancara eksklusif di acara Mata Najwa yang ditayangkan di Najwa Sihab. YouTube. Saluran, Rabu (28/8/2024).

virprom.com telah mendapat izin dari Najwa Sihab untuk menceritakan wawancaranya dengan Pramono Anung dan Rano Karno dalam acara tersebut.

Baca juga: Pramono Anung Tolak Tekanan: Tidak Ada yang Bisa Tekan Ibu Mega

Oleh karena itu, kata Rano, ia akan menolak perintah calon Pilkada Jakarta 2024, menerima hasil apa pun, termasuk hal yang tidak bisa dihindari.

Namun, ia akhirnya mendapat penugasan dari partai untuk mencalonkan diri bersama Pramono Anung pada Pilkada di Jakarta karena kesal dengan ucapan Presiden PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Sebenarnya kemarin saya berada dalam situasi menolak. Saya ingin menolak dengan segala konsekuensi yang saya terima. Kalau saya mundur dari partai, saya terima. Rano, senada dengan ucapan Megawati, mengatakan, “Tapi mereka bilang Ada saatnya yang membuat aku berpikir, ‘Tidak, sebentar lagi Jakarta akan tetap ada, aku tidak akan ada, Jakarta akan jadi apa setelah itu’.

“Saya heran kenapa Bu (Megawati) memilih Mas Pram (Pramono Anung), saya tahu namanya mungkin tidak masuk radar ini kan. Kalau Jakarta dicopot (statusnya) ibu kotanya, harusnya ada pemerintahan baru , ini ahlinya (menunjuk Pramono Anung),” ulangnya.

Baca juga: 30 dan 31 Agustus, Pramono-Rano dan Ridwan Kamil-Suswono Akan Lulus Tes Kesehatan Saatnya Si Doel Berkarya

Oleh karena itu, kata Rano Karno, pihaknya kini akan mulai memikirkan solusi lain agar Jakarta tidak lagi berstatus ibu kota negara.

Sebab, mantan Gubernur Banten ini menilai persoalan lain mungkin masih ada. Salah satunya adalah menurunnya pendapatan asli daerah (PAD) Jakarta.

“PAD itu besar sekali Rp 86 triliun, tapi kalau kita ke ibu kota pasti ada penurunan, pendidikan, kesehatan, betapa miskinnya masyarakat perkotaan, ini tantangan bagi saya. Oh, sudah waktunya Si Doel bekerja. , ” katanya.

Bahkan, Rano Karno mengaku mempelajari sejarah Singapura membantu kotanya kembali. Sebab menurutnya ada kemiripan antara Singapura dan Jakarta.

“Singapura dulu seperti Jakarta, rumah-rumah penduduk di bawah sana, tapi kalau semuanya hancur, oh harus seperti itu. Apa maksudnya? Kenapa bapak (Megawati) menunjuk Mas Pram karena bapak tahu (Pramono Anung tahu) bagaimana administrasi negara, administrasi pemerintahan. “Saya punya tugas untuk membangun masyarakat Jakarta dari sudut pandang yang berbeda, mungkin itu,” ujarnya.

Baca juga: Tweet Seksis Tahun 2010 Terungkap, Pramono Anung: Tahun Itu Zamannya Bercanda

Atas dasar itu, Rano Karno pun mengaku dirinya dan Pramono Anung sudah membahas permasalahan Kota Jakarta dan mencari solusinya.

Seperti diketahui, Pramono Anung-Rano Karno mendaftarkan diri sebagai calon gubernur (cagub) dan cawagub DKI Jakarta di Komisi Pemilihan Umum Provinsi (KPU) Provinsi DKI Jakarta pada 28 Agustus 2024.

Menariknya, pasangan Pramono Anung-Rano Karno hanya mendapat dukungan dari PDI-P.

Selain Pramono Anung-Rano Karno, pasangan lain yang akan mengikuti persaingan Pilkada Jakarta adalah Ridwan Kamil-Suswono.

Pasangan Ridwan Kamil Suswono didukung koalisi besar, Koalisi Tertinggi Indonesia (KIM) Plus.

Baca Juga: Plot Twist PDI-P: Pertama Dilaporkan ke Anies, Akhirnya Pilih Pramono Anung Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top