Serangan Israel Tewaskan Puluhan Warga Gaza Jelang Vaksinasi Polio 640.000 Anak

GAZA, virprom.com – Sedikitnya 48 orang tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza pada Sabtu (31 Agustus 2024), kata otoritas kesehatan Palestina.

Bentrokan juga berlanjut di wilayah tengah dan selatan daerah kantong tersebut menjelang rencana dimulainya kampanye vaksinasi polio.

Reuters melaporkan bahwa PBB akan mulai memvaksinasi sekitar 640.000 anak-anak di wilayah tersebut untuk melawan polio.

Baca Juga: Serangan Israel Kembali Hantam Truk Bantuan Makanan di Gaza, 4 Orang Tewas

Mereka memperkirakan akan ada jeda delapan jam setiap hari dalam pertempuran antara pasukan Israel dan Hamas di wilayah tertentu di wilayah kantong yang terkepung.

Yusuf Abu Al-Reesh, wakil menteri kesehatan Gaza, mengatakan tim vaksinasi akan berusaha menjangkau sebanyak mungkin wilayah untuk memastikan cakupan yang komprehensif.

Namun dia mengatakan hanya gencatan senjata komprehensif yang dapat memastikan cukupnya akses terhadap anak-anak.

“Jika komunitas internasional benar-benar ingin kampanye ini berhasil, mereka harus menyerukan gencatan senjata, mengingat virus ini tidak akan berhenti dan mungkin menyebar ke mana-mana,” katanya kepada wartawan di Rumah Sakit Nasser di kota Khan Younis di selatan.

Pada hari Sabtu, para dokter memberikan vaksin kepada beberapa anak di Bangsal Rumah Sakit Nasir sebagai langkah simbolis menjelang peluncuran resmi kampanye tersebut.

Kampanye ini dilakukan menyusul konfirmasi pada minggu lalu bahwa seorang bayi lumpuh sebagian akibat virus polio tipe 2, yang merupakan kasus pertama di wilayah tersebut dalam 25 tahun.

Para pejabat WHO mengatakan setidaknya 90 persen anak-anak harus menerima vaksinasi dua kali dengan jeda waktu empat minggu agar kampanye tersebut berhasil, namun kampanye tersebut menghadapi tantangan besar di Gaza, yang telah hancur akibat perang selama hampir 11 bulan.

Baca juga: Israel Serang Truk Bantuan Kemanusiaan di Gaza, 5 Orang Tewas

Pada hari Sabtu, ketika lebih dari 2.000 pekerja medis dan masyarakat bersiap untuk memulai kampanye, para dokter mengatakan serangan terpisah Israel menewaskan sedikitnya 19 orang, termasuk sembilan orang di Nuseirat, salah satu dari delapan kamp pengungsi bersejarah di Jalur Gaza. keluarga

Lebih dari 30 orang tewas dalam serangkaian serangan di wilayah lain Gaza, kata dokter.

Baca Juga: Israel menyetujui jeda tiga hari perang Gaza untuk vaksinasi polio

Menurut penduduk dan sumber, anggota Hamas, Jihad Islam dan kelompok lain telah melawan pasukan Israel selama beberapa hari di lingkungan Zaytun di Gaza utara, tempat tank-tank beroperasi dan di Rafah, yang berbatasan dengan Mesir. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top