Jokowi Resmikan Pabrik Bahan Anoda Baterai Lithium di Kendal

JAKARTA, virprom.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (7/8/2024) meresmikan Pabrik Produk Anoda Baterai Lithium Material Lithium Material Baru PT Indonesia yang pertama di Kendal, Jawa Tengah, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Pabrik tersebut disebut-sebut mampu memproduksi anoda sebanyak 160.000 ton, bersama Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Bandjaitan, Menteri Koordinator Perekonomian Erlanga Hartardo, serta para menteri dan menteri lainnya.

Jumlah tersebut dapat digunakan untuk 3 juta kendaraan listrik dalam negeri, sehingga memperkuat peran terdepan Indonesia dalam industri elektrifikasi kendaraan bermotor global.

Baca Juga: Terjebak kemacetan di jalan setiap hari membuat orang mudah stres

Namun target tersebut akan dicapai secara bertahap. Pada tahap pertama, pabrik tersebut akan memproduksi 80.000 ton material anoda setiap tahunnya atau setara dengan 1,5 juta mobil listrik.

“Besar sekali, apalagi kalau ditambah produksi di sektor ini 80.000 ton, berarti 3 juta mobil listrik setiap tahunnya,” kata Jokowi dalam upacaranya yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

“Jumlah ini sangat besar sehingga kami akan menjadi pemasok terbesar baik baterai EV maupun kendaraan listrik,” lanjutnya.

Nilai investasi pabrik anoda tahap pertama sebesar USD 478 juta atau setara Rp 7,7 triliun.

Baca Juga: Pemerintah Pastikan Tidak Ada Insentif untuk Mobil Hibrida

“Saya sangat mengapresiasi kecepatan pembangunan pabrik ini. Kita tanda tangan di Beijing 10 bulan lalu dan tiba-tiba pabriknya sudah siap. Namanya speed, negara tercepat menang negara paling lambat,” kata Jokowi.

“Saya salut dengan dibangunnya pabrik ini sehingga proyek besar penciptaan ekosistem mobil listrik yang terpadu dan tangguh benar-benar bisa terlaksana satu per satu,” tutupnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top