Arti Kata YOLO, Bahasa Gaul “Jadul” yang Sering Dipakai di Medsos hingga Kini

virprom.com – Bagi sebagian besar orang yang aktif di media sosial saat ini, istilah YOLO mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Kata ini merupakan bahasa gaul yang sering digunakan di SNS.

Namun, YOLO merupakan bahasa gaul bukanlah kata baru. YOLO bisa dianggap sebagai bahasa gaul “jadul” yang banyak digunakan pada tahun 1990-an hingga 2000-an.

Baca juga: 10 bahasa gaul Gen Alpha yang sedang trending di media sosial antara lain “Rizz”, “Sigma”, dan “Skibidi”.

Kata YOLO juga menjadi populer pada tahun 2010 karena banyak musisi dan artis yang menggunakan kata tersebut dalam karyanya. Salah satu contohnya adalah grup musik komedi Lonely Island yang merilis lagu “YOLO” pada tahun 2013.

Istilah YOLO sudah ada sejak lama dan masih umum digunakan di media sosial. Itu adalah kata yang sudah ada sejak lama, sehingga sering digunakan, dan beberapa orang sering melihatnya di linimasa media sosial mereka.

Kalian sering melihatnya, tapi pasti tahu apa arti “YOLO” dalam bahasa gaul media sosial. Jika ingin tahu lebih lanjut, baca di bawah ini tentang pengertian YOLO sebagai bahasa gaul media sosial yang umum digunakan. YOLO berarti bahasa gaul media sosial

Kata YOLO pada dasarnya merupakan singkatan dari kalimat “You Only Live Once”. YOLO, singkatan dari “You Only Live Once” jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti hidup hanya sekali.

Arti harfiah dari YOLO mungkin kurang jelas jika melihat kebiasaan penggunaan kata tersebut di media sosial. FYI, kata YOLO di media sosial erat kaitannya dengan gaya hidup, budaya, nilai, atau perilaku tertentu.

Baca juga: Arti Gaul “Pilihan Kedua” yang Kini Banyak Digunakan di Media Sosial

Di media sosial, kata “YOLO” sering digunakan untuk menggambarkan atau merujuk pada gaya hidup tertentu yang cenderung mengutamakan kesenangan dan kebebasan apapun pemikirannya. Jadi apa itu YOLO?

Dikutip dari Cambridge Dictionary, arti YOLO adalah gaya hidup yang mengajarkan manusia untuk menikmati kesenangan atau keindahan, meskipun itu sangat berbahaya, bodoh, atau konyol.

Arti ini terkait dengan singkatan YOLO. Karena hidup hanya sekali, kata ini mewakili nilai untuk tidak menyia-nyiakan hidup Anda dengan melakukan hal-hal duniawi atau tidak menyenangkan.

Untuk membuat hidup lebih menyenangkan, kata ini mengajarkan Anda untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan dan tidak biasa, serta mengambil keputusan.

Dengan makna tersebut, tidak aneh jika istilah YOLO sering digunakan di media sosial untuk menggambarkan perilaku yang mengutamakan kebebasan dan kesenangan.

YOLO bisa mempunyai arti negatif atau positif tergantung pada tindakan yang dilakukan orang. YOLO memiliki makna positif ketika seseorang terpacu untuk mencoba hal baru, tantangan baru, ilmu baru.

Baca juga: Apa arti istilah slang media sosial yang umum “berperan sebagai korban”?

Namun YOLO juga bisa berkonotasi negatif jika seseorang lebih memilih mengambil keputusan buruk seperti perilaku kriminal atau perilaku konsumtif demi menikmati hidupnya.

Demikian penjelasan mengenai arti YOLO sebagai bahasa gaul “jadul” yang masih umum digunakan di media sosial hingga saat ini. Semoga membantu.

Pembaruan harian tentang teknologi dan berita gadget pilihan. Bergabunglah dengan saluran WhatsApp KompasTekno. Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan buka saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top