Muhammadiyah Siap Rangkul Eks Anggota Jamaah Islamiyah

JAKARTA, virprom.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP) akan menyambut dan menerima mantan anggota Jemaa Islamiyah (JI) yang bubar pada 30 Juni 2024.

Sekretaris Jenderal PP Muhammadiya Abdul Muati mengatakan seruan Muhammadiya memiliki prinsip untuk meliput rekan-rekan Muslim.

Abdul Muati kepada virprom.com, Selasa (23/7/2024): “Prinsip-prinsip dakwah Muhammadiyah tercakup. Mereka adalah bagian dari umat Islam.”

Abdul Muati menilai eks anggota JI harus dirangkul agar bisa berbaur dengan masyarakat luas dan bukan hanya geng sendiri.

Baca Juga: Jama’a Islamia Bubar, MUI Apresiasi Pemerintah

“Kalau tidak ada yang menerima, kelompok eks JI akan tetap menjadi kelompok eksklusif,” ujarnya.

Abdul Muati mengatakan, jika eks JI bergabung dengan Muhammadiyah, ada harapan mereka yang tadinya tertutup dan eksklusif bisa terbuka dan inklusif.

Insya Allah mereka akan lebih terbuka dalam agamanya dan setia terhadap kemajuan umat dan bangsa.

Diberitakan sebelumnya, JI mengumumkan pembubarannya pada 30 Juni 2024 di Bogor, Jawa Barat. 

Pembubaran JI diumumkan melalui rekaman video yang berisi pernyataan hasil kesepakatan majelis tertinggi dengan pimpinan lembaga pendidikan dan pondok pesantren yang berafiliasi dengan Al-Jamaat Al-Islamiyya.

Baca Juga: Penetapan kembali JI sebagai kelompok terlarang dan rangkaian kegiatan terorisnya

Dalam rekaman video tersebut, diumumkan enam pernyataan sikap atas nama 16 orang. 

Salah satu poinnya berbicara tentang bubarnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kembalinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Selain itu, mereka juga menegaskan kesiapannya untuk menaati norma hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia dan konsekuensi logisnya sebagai berikut. 

Mereka juga menegaskan siap berpartisipasi aktif dalam mewujudkan kemerdekaan, agar bangsa Indonesia menjadi negara yang maju dan bermartabat. Dengarkan berita terkini kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top