Jenderal Agus Subiyanto Temui Panglima Arab Saudi, Bahas Kerja Sama Militer dan Bantuan Palestina

JAKARTA, virprom.com – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bertemu dengan Ketua Staf Umum Royal Saudi Armed Forces (COGS) atau Panglima Angkatan Bersenjata Kerajaan Saudi Marsekal Fayyadh Bin Hamed Al Ruwaili, di Markas Besar Saudi Angkatan Bersenjata Arab. TNI, Riyadh, Minggu (4/8/2024), waktu setempat, dalam rangkaian kunjungan kerja ke Timur Tengah.

 

Dalam kesempatan tersebut, Panglima Agus menyampaikan niatnya untuk mengintensifkan kerja sama militer dan pertahanan dengan TNI Arab Saudi.

Baca juga: Menag Yaqut: 46 Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di Arab Saudi

Agus juga menyampaikan keprihatinannya atas konflik yang terjadi di Jalur Gaza, Palestina dan sekitarnya. Ia menyampaikan komitmen pemerintah Indonesia dan TNI untuk membantu masyarakat Palestina yang mengalami krisis dengan mengirimkan tenaga kesehatan dan obat-obatan.

Untuk itu, Pemerintah Indonesia dan TNI berharap TNI Angkatan Bersenjata Kerajaan Arab Saudi dapat menjamin kelancaran operasi kemanusiaan dengan memberikan dukungan moral dan peluang kerja sama dalam memberikan bantuan kemanusiaan ke Palestina, kata Agus di pernyataan TNI. Siaran Pers Pusat Informasi, Senin (8/5/2024).

Dua hari sebelumnya, Agus juga mengunjungi Kepala Staf Angkatan Bersenjata UEA atau Panglima Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA), Letjen Eisa Saif Bin Ablan Almazrouei, di Kementerian Pertahanan UEA, Uni Emirat Arab, di Abu. Dabi.

Baca juga: Warga Palestina Marah dan Sedih atas Meninggalnya Ismail Haniyeh

Dalam pertemuan tersebut, Panglima TNI mengungkapkan kebanggaannya melihat terus berkembangnya kerja sama bilateral antara TNI dan TNI UEA.

“Kami sangat berharap kerjasama dengan TNI dapat semakin ditingkatkan. “Kekhawatiran kami ada pada dua hal, yaitu pelatihan di kedua angkatan laut dan kesiapan tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di kapal rumah sakit UEA di El Arish, Mesir,” kata Letjen Eisa.

Agus juga menyampaikan keinginannya untuk melaksanakan rencana latihan bersama TNI dan Angkatan Darat UEA yang telah dilakukan peninjauan lapangan latihan militer TNI oleh beberapa delegasi pejabat UEA.

“Saya berharap kedepannya UEA juga dapat mengizinkan TNI untuk berkunjung dan melakukan kegiatan penelitian lokal di tempat latihan militer di UEA,” kata Agus. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top