Bantah Anggaran Makan Bergizi Gratis Rp 7.500, Gibran: Untuk Generasi Muda Tak Boleh Pelit

JAKARTA, virprom.com – Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia (Vapres) 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka menegaskan, harga anggaran untuk setiap porsi program makanan bergizi gratis adalah Rp 14.900 atau sekitar. Rp 15.000.

Oleh karena itu, dia menegaskan anggaran makanan bergizi gratis tidak akan berkurang hingga Rp7.500 per anak seperti yang dikabarkan belakangan ini.

Gibran juga menyebutkan, anak-anak penerus bangsa tidak boleh kikir.

“Biayanya antara Rp 15.000, tidak ada yang namanya anggaran Rp 7.500. Sekali lagi, untuk generasi muda kita tidak boleh berhemat,” kata Gibran usai meninjau uji coba makanan bergizi gratis di SDN Tugu, Kabupaten Djibouti. Solo, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024), dikutip Antaranews.

Baca Juga: Gibran Tolak Anggaran Makanan Bergizi Gratis, Dipangkas Jadi Rp 7.500…

Namun, Gibran mengakui, harga satu porsi makanan bergizi gratis kemungkinan akan berbeda di setiap tempat.

“Biayanya tiap kota berbeda-beda, itu tidak masalah. Ada perubahan, menunya berubah-ubah tergantung bahannya,” ujarnya.

Sementara itu, pada uji coba, Gibran mengatakan, “Saya akan mencoba sistem berbeda agar program makanan bergizi gratis untuk anak sekolah berhasil.”

Salah satunya adalah masalah teknis pangan mahasiswa. Diinformasikannya, saat ini pangan untuk pelajar menggunakan Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM). Bersama Gojek, ia menggandeng usaha kecil dan menengah untuk memasak makanan bagi pelajar.

“Mari kita coba dapur pusat besok. Orang tua bisa masak bersama dan menyerahkan anggarannya ke sekolah,” ujarnya.

Baca Juga: Tips Ahli Gizi Jika Budget Makan Siang Gratis Anda Rp 7.500

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini pun mengaku terbuka terhadap pihak-pihak yang bersedia berkontribusi.

“Pasti ada peluang bagi siapa saja untuk mendukung skema makan siang gratis. Baik itu dengan menyediakan kantin tambahan, atau susu tambahan, kami terbuka. Kami senang jika ada pihak swasta yang ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto mengatakan Program Pangan Bergizi Gratis dianggarkan sebesar Rp71 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

“Anggaran program pangan gratis untuk RAPBN ke depan Rp71 triliun. Jadi nanti teknisnya akan dibahas lebih detail,” ujarnya usai meluncurkan buku putih Geoportal One Map Policy 2.0 dan OMP Beyond 2024. St Regis, Jakarta Selatan pada 18 Juli 2024.

Baca Juga: Gibran: Tak Ada Anggaran Makan Gratis Rp 7.500

Namun Airlangga mengatakan, teknis penyaluran biaya per anak akan dibahas lebih lanjut. Hanya saja Ketua Partai Kolkar itu mengatakan, alokasi anggaran tiap daerah pasti berbeda.

“Tentunya tiap daerah berbeda-beda. Namun teknisnya akan dibahas ke depan,” kata Erlanga.

Info: Makanan bergizi gratis menjadi salah satu program prioritas Prabowo-Kibron di masa kampanye Pemilihan Presiden (PhilPress) 2024.

Berikut dua link berita Antaranews: https://www.antaranews.com/berita/4218159/gibran-tinjau-uji-coba-makan-bergizi-gratis-di-solo, https://www.antaranews.com/ berita / 4218215/gibran-attempts-berbagai-proyek-jaminan-bebas-nutrisi-makanan-pastikan-sukses Berita terkini dan dengarkan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top