Hal Sepele tapi Pengaruh pada Usia Rantai Motor

JAKARTA, virprom.com – Perawatan terbaik pada sepeda motor tidak hanya mencakup mesin dan tenaganya, tetapi juga bagian-bagiannya seperti rantai.

Meski terkesan sepele, namun perawatan rantai sepeda motor yang tepat penting dilakukan untuk menjamin performa dan umur panjang.

Mengabaikan hal-hal kecil ini dapat menyebabkan rantai cepat aus dan mempengaruhi performa sepeda motor Anda secara keseluruhan.

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi umur rantai sepeda motor adalah kurangnya pelumasan. Pelumasan yang tepat tidak hanya mengurangi gesekan tetapi juga mencegah karat dan korosi.

Baca juga: Mobil Thailand mendapat tekanan dari mobil China, kementerian perindustrian khawatir

Punomo, Manajer Bengkel Mobil Tamaro di Palmela, Jakarta Barat, mengatakan banyak pengemudi yang mengabaikan pentingnya pelumasan secara teratur.

“Dalam banyak kasus, rantai sepeda motor lebih cepat aus karena kurangnya pelumasan. Oleh karena itu, sangat penting untuk melumasi rantai secara rutin, terutama setelah terkena air atau hujan,” kata Purnomo kepada virprom.com, Senin (30). /7/2024).

Selain pelumasan, ketegangan rantai juga harus diperhatikan. Rantai yang terlalu kencang atau longgar dapat merusak sproket dan mempercepat keausan rantai. Purnomo juga menekankan pentingnya pengecekan tegangan rantai secara berkala.

“Jika rantai terlalu kencang dapat merusak komponen lain, dan jika terlalu longgar maka rantai mudah lepas. Oleh karena itu, kekencangan rantai sepeda motor juga harus diperhatikan,” imbuhnya.

Baca Juga: Brio Jadi Model Unggulan Honda di GIIAS 2024

Dengan memperhatikan hal-hal kecil seperti pelumasan dan ketegangan rantai, pengendara dapat memperpanjang umur rantai sepeda motornya dan menjaga sepedanya tetap berjalan maksimal. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top