Topan Kuat Shanshan Akan Hantam Pulau Kyushu di Jepang Selatan

TOKYO, virprom.com – Jepang pada Rabu (28/8/2024) memperingatkan bahwa Topan Shanshan akan melanda pulau utama Kyushu di selatan.

Kecepatan angin mencapai 252 kilometer per jam dan perlahan menuju Kyushu, tempat tinggal 12,5 juta orang.

“Topan Shanshan diperkirakan akan mencapai Kyushu selatan dengan sangat kuat pada Kamis (29/8/2024) dan mungkin akan melanda,” kata Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayashi kepada wartawan, seperti dikutip kantor berita AFP.

Baca juga: Topan Ampil Melanda Jepang, 599 Penerbangan Harus Dibatalkan, 1.700 Rumah Mati Listrik

“Angin kencang, gelombang tinggi, dan gelombang badai diperkirakan akan terjadi pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Hayashi, juru bicara pemerintah.

Topan Shanshan membawa hujan deras ke Jepang. Pada Selasa (27/8/2024) malam, bebatuan dan puing-puing lainnya menimpa sebuah rumah di kota Gamagori, Prefektur Aichi, tempat lima anggota keluarga berada di dalamnya.

Pejabat Gamagori mengatakan kepada AFP bahwa setelah pencarian malam, seorang wanita berusia 40 tahun berhasil diselamatkan, tetapi seorang pria dan wanita berusia 70 tahun serta seorang pria berusia 30 tahun hilang.

Baca juga: Kekurangan Beras di Jepang Akibat Ancaman Gempa Besar dan Topan Taiwan Topan Gaemi Melanda China, 290.000 Warga Dievakuasi Topan Remal Melanda Bangladesh, 10 Orang Tewas, 30.000 Rumah Hancur.

Menurut Badan Meteorologi Jepang (JMA), Kyushu bagian selatan diperkirakan akan diguyur hujan sebesar 500 milimeter dalam 24 jam hingga Kamis pagi, dan 600 milimeter dalam 24 jam hingga Jumat pagi.

Pemerintah daerah mengeluarkan peringatan evakuasi bagi 810.000 orang di Prefektur Shizuoka, dan 56.000 lainnya di Kagoshima di Kyushu karena hujan, kata badan pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana.

Badan cuaca juga mungkin mengeluarkan peringatan khusus mengenai hujan lebat di Prefektur Kagoshima pada Rabu malam, kata pejabat badan tersebut pada konferensi pers pagi.

Baca juga: Topan Tewaskan 21 Orang di Brasil Selatan, Warga Berpegang teguh pada Luak. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top