Alasan Singkat Industri Mobil Listrik China Kuat

TANGERANG, virprom.com – Ekspansi merek mobil asal China terjadi secara masif dalam beberapa tahun terakhir. Merek asal China kini berusaha memasuki seluruh pasar di dunia.

Satu kesamaan yang dimiliki merek-merek Tiongkok ini adalah penekanan mereka pada mobil listrik atau kendaraan listrik baterai (BEV).

Baca Juga: Beda Harga Sedikit, Ini Nilai Plus Prius Hybrid dari Innova Zenix

Kemunculan merek China di segmen kendaraan listrik bahkan mengguncang merek Jepang, Korea Selatan, dan merek Eropa karena harga mobil listrik China yang murah.

Agus Purvadi, peneliti otomotif dan akademisi ITB Bandung, mengatakan industri kendaraan listrik China dibangun atas insentif yang sangat besar dari pemerintah China.

“China banyak (insentif) di semua sektor, struktur industri BEV tidak hanya pelanggan, infrastruktur dan produksi atau R&D (research and development), lengkap dan masif,” kata Agus Kamis (25/7) di ICE BSD City dikatakan). /2024).

“Inilah mengapa China sekarang kompetitif, butuh waktu lebih dari 12 tahun dan uang yang dikorbankan atau dipertaruhkan adalah $200 miliar untuk bisa kompetitif dan mengembangkan ekosistemnya,” kata Agus.

Baca juga: Kia Ikut Pembicaraan Insentif Hybrid

Agus mengatakan, pemerintah China tahu bahwa jika ingin berkembang di industri otomotif global, China harus membedakan dirinya dengan negara-negara maju sebelumnya.

Baca Juga: Ini Masalah Honda Free Bekas yang Sering Dikeluhkan Pemiliknya

“Karena tentu saja dia kalah, kalau ICE kalah melawan Jepang, hybrid juga kalah (melawan Jepang), jadi dia bertaruh dan itu bukan sekedar iseng. Sudah lebih dari satu dekade,” kata Agus.

Agus mengatakan, untuk mendukung industri kendaraan listrik, pemerintah China juga menjadi konsumen pertama.

“Sampai pemerintah membelinya, maka dia harus membelinya juga.” Jika ya, kami akan segera memasarkannya. Dia (pemerintah Tiongkok) tidak. “Makanya saya pernah bilang, yang harus melakukan early adopsi adalah pemerintah,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top