Prabowo Ingin Gedung DPR hingga MA Segera Dibangun di IKN, Jokowi: Ya Nanti Terserah Setelah 20 Oktober

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo menanggapi keinginan Presiden baru terpilih Prabowo Subianto yang segera membangun kompleks parlemen dan lembaga peradilan di ibu kota negara nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Keinginan Prabowo untuk segera berkantor di IKN pun ditanggapi Presiden.

Ya, tergantung Presiden Prabowo setelah 20 Oktober, kata Jokowi dalam keterangan pers usai pembukaan Poros Nasional IKN, Rabu (14/8/2024), dilansir Kompas TV.

Saat itu, Presiden Jokowi pun menanggapi pernyataan Prabowo yang menyebut pembangunan IKN harus dipercepat.

Menurut Jokowi, ia bergantung pada Prabowo setelah mengambil alih jabatan.

Baca juga: Jokowi Buka 76 Anggota Paskibraka Bekerja di IKN, Ini Daftarnya

“Saya bilang apa adanya, pembangunan IKN bisa memakan waktu 10-15 atau 20 tahun. “, dia menekankan.

Sebelumnya, Prabowo Garuda dalam rapat paripurna kabinet yang digelar di Istana IKN, Senin (12/8/2024), mengatakan pembangunan gedung lembaga legislatif dan yudikatif di IKN harus segera dilakukan. Oleh karena itu, pembangunan ini harus diprioritaskan.

Menurut dia, jika sudah ada gedung Dewan Perwakilan Rakyat (RRT), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Mahkamah Konstitusi (MK), dan Mahkamah Agung (MA), maka pembangunan IKN sebagian besar akan selesai.

Oleh karena itu, Prabowo meminta otoritas IKN segera memulai kompetisi desain pembangunan perumahan gedung DPR-MPR, MA, MK dan anggotanya.

Baca juga: Trem Otonom IKN Hanya Rp 70 Miliar per Unit, Jokowi Minta Dibangun di Kota Lain

Ia menekankan, desain bangunan legislatif dan yudikatif tidak boleh bertentangan dengan standar desain IKN yang ada.

“Jadi MPR, DPR, lalu Mahkamah. Kalau ini selesai, ibu kota negara sudah aktif di sini. Jadi kita tidak perlu menunggu orang lain. Sisanya akan menyusul, kata Ketua Sekretariat YouTube, Prabovo, Senin. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di perangkat seluler Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top