TNI-Polri Pastikan Keamanan Delegasi dan Masyarakat Saat Indonesia Africa Forum di Bali

Jakarta, virprom.com – TNI dan POLRI menggelar Tactical Floor Game (TFG) bersama dalam rangka persiapan Konferensi Tingkat Tinggi Keamanan (KTT) Indonesia African Forum (IAF) kedua dan Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi-Stakeholder ( HLF MSP) Dia melakukannya. ) pada tahun 2024 ini.

Komgen Fadil Imran, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, mengatakan hal itu dilakukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para delegasi dan masyarakat pada ajang internasional tersebut.

Fadil mengatakan, salah satu tujuan yang dicapai dalam penyelenggaraan KTT IAF dan HLF MSP kedua tahun ini adalah untuk memperlancar transportasi dan keamanan tamu negara, wisatawan, dan aktivitas masyarakat di Kota Denpasar.

“Untuk memperlancar semua itu, kami telah membentuk Satgas Walerolakir untuk melindungi kepala negara dan rombongan, yang akan mengatur peserta dan perwakilan serta menjaga jalur delegasi,” kata GOR Yudomo, Denpasar, Fadil di Bali. Jumat (30/8/2024), dikutip dari keterangannya.

Baca Juga: Enam Kepala Negara Afrika Konfirmasi Partisipasi di Indonesia Africa Forum 2024

Menurut Fadil, ada lima titik yang disiapkan dan diawasi untuk melaksanakan kegiatan ini.

“Ada lima lokasi mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga kawasan Nusa Dua, kemudian menuju Jimbaran yang akan diadakan gala dinner,” kata Fadil.

Tata cara mengatur dan menjaganya, seperti saat makan malam atau makan malam besar.

Fadil mengatakan arus lalu lintas akan dialihkan seiring perpindahan kepala negara dari kediaman menuju tempat gala dinner.

Ia menyatakan, rekayasa lalu lintas juga akan disosialisasikan kepada masyarakat oleh Unit Humas Polri.

Baca juga: Forum Indonesia-Afrika Digelar September, Jokowi: Saya Ingin Pastikan Hasil Nyata

“Teman-teman media, perlu diketahui juga bahwa ada perubahan rute, seperti saat WWF dan G20 makan malam besar di GWK, kurang lebih caranya sama. Sesedikit mungkin dan juga ditujukan untuk kenyamanan masyarakat, tentu saja keselamatan kepala negara,” ujarnya.

Sementara itu, Pangkogbwilhan Marsekal II Madya M. Khairil Lubis mengatakan, total personel gabungan akan berjumlah 13.000 orang yang akan berjaga di ajang internasional tersebut. Para staf juga akan dibagi menjadi 13 kelompok kerja.

Formasi organisasi satgas ada 13, personel TNI 8.300 personel, personel Polari 4.300 personel, sehingga total yang dikerahkan lebih dari 13.000 personel, baik personel daerah maupun personel Jakarta, kata Khairil.

Ia kemudian mengatakan, “Polri, Polda Jatim, dan NTB sudah disiagakan untuk mendukung kegiatan ini.”

IAF kali ini akan diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 3 September 2024 di Hotel Mulia Bali dengan mengusung tema “Bandung Spirit for Africa’s Agenda 2063” yang berfokus pada isu-isu terkait transformasi ekonomi, energi dan pertambangan, pangan, ketahanan kesehatan, dan . kerjasama pembangunan.

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Pahala Mansouri sebelumnya mengungkapkan enam kepala negara Afrika akan menghadiri Indonesia Africa Forum (IAF) di Bali pada 1-3 September 2024.

Baca Juga: Menkes Sebut Tak Ada Batasan Khusus Bagi WNA yang Datang dari Afrika Jelang Kedatangan IAF di Bali

Kepala negaranya berasal dari Zimbabwe, Rwanda, Ghana, Liberia, Eswatini dan Zanzibar (mewakili Tanzania).

“(Para pemimpin) yang memastikan kehadirannya antara lain Zanzibar mewakili Zimbabwe, Rwanda, Ghana, Liberia, Eswatini, dan Tanzania,” kata Pahala, Selasa (27/8/2024) di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pahala mengatakan IAF 2024 merupakan kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah forum tersebut, setelah penyelenggaraan pertama pada tahun 2018.

Acara tahun ini diadakan di Bali dan diperkirakan akan menarik 1.500 peserta, termasuk enam kepala negara Afrika dan 11 menteri dari seluruh benua. Dengarkan pilihan berita dan headline terkini kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top