Uji Sinyal 5G Telkomsel di Bali: Canggu-Nusa Dua “On” Terus

BALI, virprom.com – Operator seluler Telkomsel memperluas jaringan Internet 5G di wilayah Bali. 5G Telkomsel saat ini mencakup wilayah Kuta, Canggu, dan Nusa Dua tanpa celah.

Menurut Direktur Jaringan Telkomsel Indra Mardiatna, Bali merupakan salah satu wilayah dengan penetrasi seluler 5G tertinggi di Indonesia. Menurut Indra, jumlah pengguna ponsel 5G di Bali sekitar 21 hingga 22 persen dari total pengguna ponsel di wilayah tersebut.

“Jadi ini sebuah takdir. Karena kami sudah menyiapkan teknologi yang diperlukan untuk pengguna,” kata Indra pada acara Media Update di Hotel Sheraton, Kuta, Bali, Jumat (23/8/2024).

Baca juga: Kecepatan Internet Telkomsel 5G di Bali Capai 200 Mbps

Regional Marketing Director Java Bali Telkomsel Mirza Budiwan mengatakan kawasan Badung dan Denpasar seperti Canggu, Kuta, dan Nusa Dua menjadi etalase atau pintu masuk wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Hal ini merupakan salah satu ide Telkomsel untuk mengimplementasikan jaringan 5G yang sempurna. Awalnya jaringan 5G Telkomsel tersedia di beberapa lokasi.

Selain itu, menurut Mirza, lingkungan 5G di Badung dan Denpasar juga sudah memadai.

“Fasilitas seperti pelabuhan dan lain-lain juga banyak yang cocok,” kata Mirza.

Pengalaman 5G mulus

KompasTekno juga terlibat dalam uji coba jaringan Telkomsel 5G di Bali, khususnya untuk wilayah Canggu hingga Nusa Dua.

Pengalaman kami, untuk menguji jaringan Telkomsel 5G di Bali, KompasTekno menggunakan aplikasi Speedtest dari Ookla dengan dua perangkat berbeda, yakni Huawei Mate 40 dan Vivo X Fold 3 Pro.

Saat pengujian, kami menemukan jaringan Telkomsel 5G dari Canggu hingga Nusa Dua masih utuh. Selama proses tersebut, kami melakukan pengujian jaringan, mencatat kecepatan pengunduhan lebih dari 100 Mbps.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan 5G Pertama di Indonesia

Bahkan, kecepatan download Telkomsel 5G mencapai 222Mbps, dengan kecepatan transfer 59 Mbps. Tingkat latensinya juga rendah, yakni sekitar 4 ms. Kecepatan tersebut kami capai saat menggunakan smartphone Vivo X Fold 3 Pro dengan kartu prabayar Telkomsel By.u.

Sedangkan saat menggunakan smartphone Huawei Mate 40, kecepatan download tertinggi yang kami capai adalah 240 Mbps dan kecepatan upload 28,8 mbps dengan latency sekitar 13 ms. Kecepatan pengunduhan rata-rata kami dengan perangkat Huawei juga di atas 100 Mbps.

Selain tes kecepatan, kami juga menguji menonton video dari platform video berbayar dan live streaming di media sosial. Oleh karena itu, live streaming dan menonton film dapat dilakukan dengan aman dan terjamin.

Jadi ketika saya mencoba melakukan video call tidak ada masalah. Bahkan video dan suaranya pun jernih. Pengalaman bermain game online juga sangat lancar dengan latensi rendah. Latensi tertinggi yang kami lihat saat bermain game adalah 18ms.

Jaringan 5G Telkomsel di Bali melakukan transmisi menggunakan frekuensi non stasioner 2300 MHz. Artinya, untuk terhubung ke 5G, Anda memerlukan jaringan 4G juga. Ketika pengguna terhubung ke 4G, maka secara otomatis akan beralih ke 5G.

Teknologi ini berbeda dengan 5G otonom yang diperkenalkan di IKN saat perayaan HUT RI ke-79 beberapa waktu lalu. Teknologi tetapnya belum membutuhkan 4G, jadi tidak ada gangguan. Dengarkan Injil dan pilihan pesan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran pesan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top