Jangan Diabaikan, Ini yang Bikin Ban Mobil Benjol

JAKARTA, virprom.com – Fenomena ban mobil dengan dinding samping tidak rata masih sering terjadi. Kondisi ini kerap membuat pengemudi merasa tidak nyaman dan khawatir dengan ban kempes.

Ban yang menggumpal bisa disebabkan oleh berbagai hal. Paling sering karena guncangan kuat yang terjadi saat bepergian.

Menurut Fisa Rizqiano, Deputy Head of Original Equipment (OE) Sales PT Bridgestone Tire Indonesia, menjelaskan benturan keras saat berkendara, seperti terbentur benda atau melewati jalan berlubang, dapat menyebabkan kerusakan ban, salah satunya muncul benjolan.

Baca juga: Alasan Ban Bisa Kempes Saat Mobil Jarang Dipakai

Ban yang tadinya normal lalu menggumpal bisa disebabkan oleh benturan keras dengan benda atau lubang, sehingga beadnya pecah dan menggumpal karena udara menekan ban ke dinding, kata Fisa dari Kompas com , Jumat (5/7/2024).

Kondisi ini, lanjut Visa, bisa lebih berbahaya karena menyebabkan benang mudah putus saat tekanan udara di dalam ban rendah atau saat mobil membawa beban berat.

Pada saat yang sama, ban bisa pecah, terutama di bagian samping, karena tekanan udara di dalam ban tidak mencukupi atau tidak sesuai anjuran.

Baca juga: DUNIA Bangun Pabrik Mobil Listrik di Thailand, Bagaimana dengan Indonesia?

Jika ban memiliki tekanan udara yang lebih rendah dan berjalan terus menerus, dapat menyebabkan deformasi berlebihan pada area dinding.

“Jadi seiring berjalannya waktu, benang tersebut bisa meleleh atau larut, lalu putus,” kata Fissa.

  Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top