Megawati Dijadwalkan Pimpin Upacara HUT RI di Sekolah Partai, Tak Penuhi Undangan ke IKN?

JAKARTA, virprom.com – Presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri akan memimpin upacara peringatan kemerdekaan HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 di Pesta Lenteng Sekolah Agung.

Seharusnya Ibu Mega yang memimpin upacara Sekolah Partai ke-17 ya, kata Ketua DPP PDI Perjuangan Jarot Saiful Hidiat di kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (13/08/2024), dikutip Antaranjuz.

Menurut Jarot, kader PDI-P meminta Megawati menjadi inspektur upacara (irup) pada 17 Agustus 2024 di Sekolah Partai.

“Ini adalah tuntutan dari bawah ke atas yang perlu ditangani secara langsung oleh Ibu Mega,” katanya.

Baca juga: Jokowi Lantik 76 Paskibraka untuk Bertugas pada Upacara HUT RI di IKN

Namun Jarot enggan berkomentar saat dipastikan Megawati tak akan memenuhi undangan menghadiri upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Negara (ICN) nusantara.

Alih-alih melontarkan pernyataan, Jarot memilih langsung menjauh dari awak media.

Sebelumnya, Sekjen PDI-P (Sekyen) Hasto Christianto mengatakan, undangan Istana agar Megawati menghadiri upacara di ICN diterima Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang juga kader PDI-P.

Undangan tersebut diterima atau lebih tepatnya disampaikan oleh Mas Pramono Anung selaku Sekretaris Pemerintah. Kemudian undangan diterima dan kemudian dievaluasi,” kata Hasto saat ditemui di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Agustus lalu. 8 2024.

Baca Juga: Sekjen PDI-P Megawati Terima Undangan Upacara di Istana IKN: Sedang Dipertimbangkan

Hasto kemudian mengatakan Megawati mempertimbangkan undangan tersebut karena 17 Agustus merupakan hari yang sangat penting dalam memperingati kemerdekaan Indonesia.

“Jadi Bu Mega menerima undangan tersebut dan yang jelas nanti diharapkan, itu disebut undangan agar dia bisa memenuhi undangan tersebut,” kata Hasto.

Namun, menurut Hasto, harus mempertimbangkan situasi saat ini dimana Megawati sedang fokus menyiapkan Paskibrakata untuk dikirim ke IKN.

Meski demikian, Hasto menegaskan Megawati menghormati undangan yang dikirimkan. Namun apakah Megawati akan menghadiri upacara ICN atau tidak akan diumumkan pada waktunya.

Baca Juga: Upacara HUT RI, Istana Siapkan Hotel untuk Megawati dan SBY di ICN

Seperti diberitakan, Menteri Sekretariat Negara (Menseneg) Pratikno mengatakan seluruh presiden RI sebelumnya akan diundang untuk mengikuti upacara memperingati momen proklamasi.

“Rencananya kami akan mengundang mantan presiden untuk menghadiri upacara di IKN bersama presiden,” kata Pratikno dalam konferensi pers terkait bulan kemerdekaan Jakarta pada 1 Agustus 2024.

Artinya, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diundang mengikuti upacara yang akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Aneka Upacara HUT RI di ICN: Dubes Tak Diundang, SBJ dan Megawati Diharapkan Hadir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top