Ini Pentingnya Deteksi Dini Kanker Kelenjar Ludah, Bisa Dilakukan di Rumah

virprom.com – Gejala kanker kelenjar ludah bisa dideteksi sebelum bertambah parah.

Tes dapat dilakukan secara berkala dan dapat dilakukan di rumah. Caranya adalah dengan memeriksa bagian wajah dan leher, karena area tersebut menunjukkan tanda-tanda kanker air liur.

“Misalnya saat berdiri di depan cermin, Anda bisa melihat tidak ada jaringan di area mata, padahal sel-sel yang tadinya tidak ada, kini ada dan berkembang biak,” kata ahli bedah onkologi tersebut. Profesor Dr. I Gusti Ngurah Gunawan Wibisana, SpB, Subsp. Onk (K), seperti ditulis Antara, Rabu (29/8/2024).

Baca juga: 7 Penyebab Kanker Darah di Usia Muda, Termasuk Maret

Selain pemeriksaan pada area mata, deteksi gejala kanker kelenjar mulut juga sebaiknya dilakukan pada area mulut, karena penyakit ini dapat menyerang bagian atas pipi dan langit-langit mulut.

Menurut laporan dari Cleveland Clinic, kanker kelenjar ludah adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tumor ganas yang menyerang kelenjar ludah.

Kelenjar ludah terletak di mulut dan tenggorokan dan menghasilkan air liur, atau air liur, yang membantu sistem pencernaan.

Kanker air liur jarang terjadi. Hanya 1 persen tumor yang menyerang kepala dan leher merupakan kanker mulut. Jenis kanker mulut yang paling umum adalah karsinoma mukoepidermoid dan karsinoma kistik adenoid. Bilangan bulat

Sedangkan menurut Gusti, gejala yang dialami penderita kanker air liur biasanya berupa benjolan.

“Stroke biasanya belum sampai pada tahap yang mengganggu aktivitas sehari-hari pasien, pasien masih bisa berbicara, bergerak, dan melakukan aktivitas lainnya,” kata Gusti.

Namun jika lemaknya tetap ada akan menimbulkan rasa sakit dan menimbulkan banyak gangguan, antara lain kelemahan otot wajah di satu sisi, kesulitan membuka keranjang, kesulitan berbicara.

Baca juga: Apa saja pengobatan kanker paru-paru? Berikut keterangan dokter…

Gusti mengatakan, kanker kelenjar ludah bisa menyebar hingga ke kelenjar getah bening sehingga benjolan juga bisa terasa di area leher.

Kanker kelenjar mulut bisa disebabkan oleh banyak faktor risiko, termasuk faktor fisik seperti infeksi virus tertentu, ujarnya. Lalu ada faktor fisik yaitu efek radiasi UV dari waktu ke waktu.

Selain itu, faktor gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menyebabkan kanker kelenjar ludah, seperti konsumsi alkohol berlebihan.

“Kita tahu bahwa merokok seringkali dikaitkan dengan banyak penyakit keganasan kepala dan leher, salah satunya kanker kelenjar mulut,” kata Gusti. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top