Ini Beberapa Teknologi Terbaru Proyek Jalan dan Jembatan

virprom.com – Seiring berjalannya waktu, metode dan teknologi konstruksi termodern juga digunakan dalam pembangunan infrastruktur.

Penggunaan metode dan teknologi tersebut menjadikan pekerjaan konstruksi lebih efisien dan ramah lingkungan.

Metode dan teknologi konstruksi yang dibahas juga berlaku untuk proyek jalan dan jembatan di Indonesia.

Berdasarkan akun Instagram Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR yang dipublikasikan pada Sabtu (31/8/2024), berikut beberapa teknologi terkini dalam proyek jalan dan jembatan: 

1. Struktur baja bergelombang

Struktur baja lembaran yang terbuat dari lembaran logam bergelombang lebih baik karena lebih murah dan meningkatkan kekuatan struktur. Struktur ini digunakan dalam proyek Jembatan Pandansimo di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga: Pembangunan Jembatan Pandansimo dengan Struktur Baja Bergelombang, Apa Itu?

2. Papan inti berongga

Pelat beton berongga pracetak meningkatkan kualitas dan profitabilitas. Selain itu, juga ramah lingkungan; Contoh pemanfaatannya adalah jembatan penyeberangan di Jakarta International Stadium (JPO).

3. Gergaji berlian

Teknologi pemotongan tebing yang ramah lingkungan dan minim getaran. Teknologi ini digunakan pada ruas jalan Batas Kota Maros-Perbatasan Kabupaten Bone.

4. busa geo

Material ringan pengganti tanggul, umumnya digunakan pada tanah lunak dan tanggul di daerah rawan longsor. Salah satu kegunaannya adalah Tol Cisumdawu. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top