Bertemu Menlu Pakistan, Retno Marsudi Bahas Dukungan untuk Palestina

Jakarta, virprom.com – Menteri Luar Negeri (Menlo) Retno Marsudi menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Pakistan di Istanbul, Turki pada Minggu (9/6/2024).

Pertemuan tersebut berlangsung di sela-sela pertemuan luar biasa Dewan Menteri Luar Negeri Negara Berkembang 8 (D-8) yang digelar untuk membahas perkembangan situasi di Gaza.

Retno mengatakan, “Di sela-sela pertemuan G8, saya juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Pakistan, dimana saya membahas peningkatan hubungan bilateral kedua negara yang akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik pada tahun depan.”

Baca juga: Menlu Retno Hadiri Pertemuan Luar Biasa G8 dan Bahas Perkembangan Palestina

Indonesia dan Pakistan dalam pertemuan tersebut juga membahas upaya bersama yang dapat dilakukan untuk mendukung Palestina dan Afghanistan, khususnya dalam konteks penerapan hak perempuan atas akses pendidikan.

Selain itu, Menlu juga bertemu dengan Pj Menteri Luar Negeri Iran. Pertemuan ini juga diselenggarakan untuk mendukung perdamaian di Palestina.

Retno mengatakan: “Saya sekali lagi menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden dan Menteri Luar Negeri Iran baru-baru ini, dan kami juga bertukar pandangan mengenai prospek rencana perdamaian Palestina.”

Menlu menyampaikan, usai pertemuan luar biasa G8, seluruh menteri luar negeri G8 melakukan pertemuan kehormatan dengan Presiden Turki Erdogan.

Baca juga: Israel Bunuh 210 Warga Palestina dan Selamatkan 4 Sandera

Sekadar informasi, D-8 diciptakan untuk memajukan bisnis, peran dan reputasi di forum internasional dan kesejahteraan masyarakat.

G8 meliputi Indonesia, Turki, Malaysia, Mesir, Pakistan, Bangladesh, dan Nigeria. Semua negara anggota G8 juga menjadi anggota Organisasi Kerjasama Islam.

“Dalam pertemuan tersebut, Presiden Erdogan kembali menekankan pentingnya persatuan G8 dalam menyelesaikan situasi di Palestina,” kata Retno. Dengarkan berita terkini dan daftar berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top