Alasan Kenapa saat Pindah Persneling Mobil Manual Gas Harus Dilepas

SLEMAN, virprom.com – Mengoperasikan mobil manual memerlukan keahlian khusus, karena tidak semua pengemudi memahami kondisi mobil yang dikendarainya.

Seperti diketahui, pada mobil manual pengemudi terlibat langsung dalam pengoperasiannya, sehingga ketidakefisienan justru dapat merusak bagian-bagiannya.

Haldi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan salah satu penyebab salah pengoperasian mobil manual adalah saat perpindahan gigi saat putaran mesin terlalu tinggi.

Baca juga: Bahayanya, Jangan Gunakan Transmisi Netral Saat Turun

“Jadi walaupun punya kopling yang menghentikan putaran mesin, tetap harus melepas pedal gas saat proses konversi. Tujuannya agar putaran mesin tidak terlalu tinggi, kebiasaan ini justru akan merusak kopling.” kata Hardy. Kepada virprom.com, Jumat (28/6/2024).

Hardy mengatakan, jika putaran mesin terlalu tinggi, maka gaya gesek yang diberikan pada kampas kopling dan roda gila saat proses pergantian gigi transmisi akan besar, sehingga menyebabkan kampas kopling lebih cepat aus.

“Saat pedal gas dilepas, putaran mesin akan diatur sejak pengemudi melepas pedal kopling, dan pengemudi hanya perlu menginjak gas setelah menginjak kopling,” kata Hardy.

Baca juga: Cara Mengendarai Mobil Transmisi Manual Agar Hemat Bahan Bakar

Hardy mengatakan peningkatan gaya gesekan pada lapisan kopling dan roda gila membuat bagian-bagian ini lebih cenderung menjadi terlalu panas, dan berpotensi membakar kopling jika Anda terus memberikan tenaga. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top